Sukses

5 Hal Ini di Luar Kendali Manusia, Namun Sering Terlalu Dikhawatirkan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai manusia, terkadang kita terlalu mementingkan hal-hal yang di luar kendali. Padahal kenyataannya, semua akan baik-baik saja jika kita tidak terlalu memaksakan apa-apa yang di luar kendali kita sebagai manusia.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merangkul diri sendiri dengan cinta dan mencoba untuk tidak merasa berkecil hati tentang hal-hal yang sebenarnya tidak dapat Anda lakukan.

Dilansir dari The Indian Express, Dr Gurveen Waraich seorang dokter kulit dari India membahas beberapa hal yang berada di luar kendali seseorang dari sudut pandang medis.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Jerawat Pra-menstruasi

Munculnya jerawat sebelum menstruasi Anda dimulai setiap bulan bukanlah suatu kebetulan.

"Sama seperti kembung dan fluktuasi suasana hati, berjerawat atau jerawat adalah kejadian normal selama PMS (gejala pramenstruasi)," kata dokter kulit itu.

Ini, katanya, disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dan progesteron (hormon wanita) sebelum menstruasi dan peningkatan relatif kadar testosteron (hormon pria).

“Itu normal untuk mendapatkan 1-2 jerawat 5-7 hari sebelum periode yang seharusnya mulai menetap setelah pendarahan dimulai. Tetapi jika jerawat Anda persisten, kistik dan menyakitkan, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit,” katanya.

3 dari 6 halaman

Panjang Rambut

Apakah Anda sering merasa khawatir dengan panjang rambut Anda yang segitu-gitu saja? Mungkin membuat Anda lega mengetahui bahwa panjang rambut "sepenuhnya dikendalikan oleh panjang fase anagen (pertumbuhan) folikel rambut Anda", kata Dr Waraich.

Ia juga menambahkan berapa lama periode ini berlangsung sebagian besar ditentukan oleh genetika. Fase anagen untuk rambut kulit kepala, rata-rata, bervariasi dari sesingkat dua tahun hingga tujuh tahun.

“Seseorang yang fase anagennya lima tahun, akan mampu menumbuhkan rambut lebih lama daripada yang fase anagennya hanya dua tahun,” ungkapnya.

 

4 dari 6 halaman

Rambut Rontok

“Rambut rontok adalah bagian alami dari siklus pertumbuhan rambut. Rambut tumbuh dan mati dalam empat fase: Anagen (fase pertumbuhan), Catagen (fase transisi), Telogen (fase istirahat) dan Exogen (fase kerontokan rambut). Dan setelah rambut menyelesaikan siklusnya, itu akan rontok, jadi wajar jika kehilangan 100-150 helai rambut setiap hari,” jelasnya.

 

5 dari 6 halaman

Pori-pori Kulit

Pori-pori kulit yang besar adalah penyebab kekhawatiran banyak orang, tetapi tahukah Anda apa itu? Mereka adalah lubang kecil dari minyak atau kelenjar sebaceous pada kulit.

Dr Waraich berkata: “Mereka adalah bagian alami dan penting dari kulit kita. Biasanya lebih menonjol pada individu dengan kulit berminyak dan bertambah besar seiring bertambahnya usia. Kita tidak bisa dan tidak ingin menyingkirkan mereka sepenuhnya. Tapi ya, dengan perawatan kulit yang tepat dan beberapa perawatan, kita bisa mengurangi keunggulannya.”

 

6 dari 6 halaman

Warna Kulit Alami

Sementara produk pencerah sangat populer beberapa tahun yang lalu, banyak yang telah berubah sejak saat itu. Setiap orang dilahirkan dengan warna kulit yang unik dan harus berusaha untuk merawatnya dengan cara yang paling sehat.

”Ada perbedaan antara meratakan warna kulit dan memutihkan, cobalah untuk memiliki tujuan untuk yang pertama bukan yang terakhir. Setiap warna kulit itu unik dan eksotis, banggalah,” pungkasnya.

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta