Sukses

Kata-Kata yang Dapat Membuat Surat Lamaran Kerja Menonjol dari Pelamar Lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu yang dilihat HRD dalam perekrutan adalah surat lamaran atau yang lebih dikenal dengan istilah cover letter. Pengantar ini dimaksudkan untuk menunjukkan kualifikasi unik Anda sebagai calon karyawan hanya dengan kata-kata, bisa jadi proses paling sulit untuk menonjol di antara ribuan pendaftar.

Dilansir Glassdoor.com, Senin (22/11/2021), cover letter adalah pengantar pertama Anda kepada orang yang mungkin mempekerjakan Anda, tujuannya adalah untuk membuat Anda mudah diingat dengan cara yang baik. Disarankan untuk menyampaikan lebih banyak mengenai kepribadian Anda dalam surat ini.

Semua orang tahu bahwa tiap manusia memiliki kepribadian yang unik, hal tersebut tentu bukan masalah. Untuk menonjol di antara surat lamaran kerja dari pencari kerja lainnya, diperlukan kemampuan untuk menyampaikan kepribadian unik Anda ini dengan cara yang unik pula.

Jadi, ada yang disebut sebagai resep rahasia penyusunan surat lamaran kerja yang baik. Kata-kata atau frasa berikut ini akan membantu surat lamaran Anda mengantarkan Anda sampai ke bangku perusahaan yang dituju.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengantar

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran Anda, pastikan itu ditujukan secara pribadi kepada pembacanya. Meskipun secara naluriah Anda sangat ingin menulis "Kepada yang berkepentingan...", akan jauh lebih berpengaruh jika Anda menuliskan nama manajer perekrutan.

Untuk membuat kesan yang kuat, luangkan waktu untuk mencari tahu untuk siapa surat ini akan dilayangkan. Menyebutkan kontak timbal balik di awal surat lamaran juga akan memberikan manajer perekrutan kemudahan untuk mengajak Anda berbicara secara langsung.

Menyertakan angka di awal surat lamaran juga memberikan bukti nyata tentang pencapaian profesional Anda sebelumnya. Angka yang dimaksud dapat berupa jumlah orang dalam sebuah tim yang Anda kelola, atau metrik berapa jam dedikasi Anda untuk menggarap sebuah proyek.

3 dari 5 halaman

Body Paragraph

Mengekspresikan antusiasme untuk posisi yang dilamar, menunjukkan dedikasi Anda terhadap pekerjaan. Selain menjelaskan keahlian Anda, mengatakan bahwa Anda bersemangat dan ingin mulai bekerja menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan bidang yang Anda tuju.

Menentukan kecocokan budaya menjadi sama pentingnya bagi perusahaan dan mengevaluasi pengalaman masa lalu. Gunakan istilah seperti berkolaborasi, membimbing, dan berkomunikasi sambil memberikan contoh kerja tim yang menekankan kemampuan Anda untuk bekerja secara produktif dengan rekan kerja.

Berbicara tentang bagaimana Anda dapat berkontribusi pada kesuksesan perusahaan juga menunjukkan nilai Anda bagi sebuah organisasi dan mengungkapkan dedikasi di luar keuntungan pribadi Anda sendiri.

Kemudian, sertakan variasi kata untuk membantu Anda menonjol dari pelamar lain. Misalnya dengan menulis "imajinatif" sebagai pengganti "kreatif", mengganti "inventif" dengan "inovatif". Tunjukkan bahwa Anda dapat berpikir melampaui apa yang rata-rata pelamar akan sertakan dalam suratnya.

4 dari 5 halaman

Penutup

Penutup yang baik akan menaruh kesan yang baik pula, itulah tujuan Anda menuliskan surat lamaran. Namun, pernyataan penutup yang terlalu percaya diri dapat mematikan perekrut.

Anda dapat menutup surat lamaran dengan sopan dan terbuka untuk mengajak pembicaraan yang lebih lanjut. Bisa menggunakan frasa seperti "Berharap untuk berbicara dan bersemangat untuk menawarkan lebih banyak informasi."

Atau Anda dapat menggunakan ajakan lainnya dari Anda yang tentunya sopan dan terbuka.

 

 

Penulis: Anastasia Merlinda

5 dari 5 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19