Sukses

5 Hal Ini Jadi Penyebab Anda Tak Kunjung Dapat Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan pekerjaan di masa pandemi terasa semakin sulit. Lowongan pekerjaan semakin sedikit dan pemutusan hubungan kerja makin sering terjadi. Di sisi lain, pencari kerja jumlahnya semakin bertambah. Bahkan ada kalanya, gagal di tahap wawancara dengan user. Padahal Anda telah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Meninggalkan wawancara kerja Anda dengan perasaan kehilangan motivasi karena penolakan Anda dapat berarti banyak hal yaitu kesuksesan masih jauh atau Anda mungkin memiliki beberapa masalah yang menghalangi Anda untuk dipekerjakan. Ini tidak biasa.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda tidak dipekerjakan, terlepas dari upaya yang Anda lakukan untuk menyempurnakan portofolio Anda. Jadi, sangat penting untuk mengidentifikasi alasan mengapa pencalonan Anda tidak dipilih.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Dihimpun dari TimesofIndia, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

1. Anda tidak cukup berjejaring

Jaringan adalah bagian besar dari proses perekrutan. Semakin banyak Anda terhubung dengan orang yang berbeda, semakin besar prospek yang akan Anda raih.

Jangan sembunyikan fakta bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Bahkan, mengiklankannya. Anda tidak pernah tahu siapa yang akan merekomendasikan tawaran pekerjaan potensial atau prospek.

 

3 dari 6 halaman

2. Anda melamar pekerjaan yang salah

Pertama tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda kuasai dan apa yang sebenarnya Anda rencanakan untuk karir Anda? Mengidentifikasi minat utama Anda akan membantu Anda menyaring pekerjaan di mana Anda mungkin memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk dipekerjakan.

Saat Anda melamar pekerjaan dan resume Anda tidak memenuhi kebutuhan pekerjaan tertentu, itu menjadi bukti bahwa Anda tidak ada dalam daftar yang dipilih.

 

4 dari 6 halaman

3. Resume Anda tidak disesuaikan untuk memenuhi tuntutan

Satu kesalahan mencolok yang mungkin Anda lakukan adalah mengirimkan resume umum atau surat lamaran ke semua pekerjaan yang Anda lamar. Tidak ada yang akan mengerti bagaimana keterampilan Anda akan memenuhi kebutuhan masing-masing pekerjaan.

Keterampilan umum tidak memberikan perspektif tentang kemampuan. Itu hanya menunjukkan bahwa Anda kurang presisi dan upaya yang cukup untuk membuatnya terlihat profesional.

 

5 dari 6 halaman

4. Anda tidak mempersiapkan pertanyaan wawancara

Kurang percaya diri dan ketidakmampuan menjawab pertanyaan dengan benar saat wawancara pasti akan merugikan Anda. Meskipun resume Anda mungkin terlihat mengesankan, itu tidak akan berarti banyak jika Anda gagal menjawab pertanyaan dengan gaya berjalan dan presisi.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda menjadi terlalu kuat atau terlalu lemah lembut

Kepribadian Anda menceritakan banyak hal tentang diri Anda. Jika Anda tampil sebagai orang yang terlalu bersemangat, itu bisa menjadi peringatan besar bagi banyak pewawancara. Di sisi lain, jika Anda terlalu lemah lembut dalam mempresentasikan kasus Anda atau menegosiasikan persyaratan Anda, pewawancara mungkin tidak akan menganggap Anda sebagai pemain tim.

Pada dasarnya, Anda harus netral dalam segala hal. Anda perlu menambahkan beberapa keunikan pada diri Anda yang hanya dapat Anda putar.