Sukses

6 Tanda Anda Harus Menyudahi Hubungan Cinta Segera

Ada beberapa tanda-tanda tertentu yang bisa memberi tahumu jika sudah waktunya untuk meninggalkanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut survei Tinder, sekitar 40% milenial tidak akan tinggal dengan orang yang salah hanya demi menjaga hubungan jangka panjang mereka. 

Terkadang lebih baik melepaskan orang yang sudah lama Anda pacari jika Anda menyadari bahwa hubunganmu tidak membuatmu bahagia atau, lebih buruk lagi, membuatmu merasa tidak nyaman dan tertekan. 

Ada beberapa tanda-tanda tertentu yang bisa memberi tahumu jika sudah waktunya untuk meninggalkan pasanganmu. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (18/11/2021).   

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anda terus putus dan kembali bersama

Menurut penelitian, lebih dari ¼ pasangan akan putus dan kembali bersama di beberapa titik. Dia bahkan bisa berakhir menjadi siklus hubungan hidup-mati yang tidak akan pernah berakhir. 

Anda mungkin meragukan  diri sendiri dan memutuskan untuk memberi pasanganmu kesempatan kedua, atau Anda takut untuk melepaskan dan melanjutnya.

Namun, penting untuk memutus siklus tersebut, karena hubungan semacam ini tidak bermanfaat bagimu dan pasanganmu.

Banyak pasangan yang berulang kali berpisah dan kemudian berbaikan, tapi lebih sering berdebat, merasa lebih tidak pasti tentang masa depan mereka. Mereka juga kurang puas dengan hubungannya.

Namun, ada beberapa pasangan yang hubungannya menjadi lebih stabil seiring waktu, jadi penting untuk bertanya pada diri sendiri apakah benar-benar layak untuk memasuki siklus yang bisa membuatmu bahagia.

3 dari 7 halaman

2. Anda tak menyukai diri sendiri

Tak menyukai diri sendiri dalam suatu hubungan bisa melelahkan, terutama jika Anda tidak menyukai dirimu yang sekarang karena pasanganmu. 

Anda telah menjauhi diri dari keluarga yang Anda cintai, atau merasa kurang termotivasi untuk mencapai tujuanmu karena mereka.

Jika pasanganmu terus-menerus menjatuhkanmu dengan cara apa pun, alih-alih menginspirasi dan mendukung, inilah saatnya untuk menyingkirkan mereka dari hidupmu.

4 dari 7 halaman

3. Anda hidup di masa lalu

Jika Anda berpikir tentang betapa menyenangkannya Anda dulu dengan pasanganmu dan betapa bahagianya Anda bersama mereka di masa lalu lebih daripada Anda menikmati hubungan yang sekarang, ini menjadi tanda bahaya. 

Menjadi lebih cinta dengan ingatan tentang siapa pasanganmu atau seperti apa hubunganmu dulu tidak akan memberimu kebahagiaan begitu Anda menyadari bahwa ini adalah satu-satunya hal yang membuatmu tidak pergi.

Jadi, penting untuk membedakan antara apa yang pergi dan tidak kembali dan apa yang nyata dan layak untuk dipertahankan.

5 dari 7 halaman

4. Takut sendirian

Takut menjadi lajang bukanlah alasan yang cukup baik untuk bertahan dalam suatu hubungan, terutama jika ada tanda-tanda bahwa pasanganmu tidak cocok untukmu dan Anda tidak bahagia. 

Peneliti telah menunjukkan bahwa orang yang takut menjadi lajang puas dengan pasangan mana pun hanya demi berada dalam suatu hubungan, tidak peduli bagaimana ini memengaruhi kualitasnya.

Namun, itu tidak membuat situasi menjadi lebih baik dan ketakutan itu juga akan mempersulitmu untuk keluar dari hubungan yang tidak memuaskan.

 

6 dari 7 halaman

5. Hubunganmu sepihak

Jika pasanganmu hanya ingin bersamamu ketika mereka membutuhkanmu, misalnya ketika mereka mengalami hari yang buruk di tempat kerja atau saat ada beberapa masalah lain, ini bukan pertanda baik. 

Mereka mungkin menggunakanmu untuk mendapat perhatian, sementara tidak peduli dengan apa yang Anda butuhkan. Dan jika Anda terus-menerus melakukan semua pekerjaan dalam hubunganmu, memberikan dukungan kepada pasanganmu ketika mereka tidak melakukan hal yang sama untukmu, Anda mungkin terjebak dalam hubungan beracun.

7 dari 7 halaman

6. Pasanganmu sering mengatakan akan meninggalkanmu

Jika pasanganmu mengancam akan menginggalkanmu, misalnya saat bertengkar atau saat mereka tidak bisa membuatmu melakukan apa yang mereka inginkan, ini menjadi bentuk manipulasi psikologis.

Mereka menggunakan ketakutanmu akan pengabaian untuk mengendalikanmu. Perilaku mengendalikan ini bisa meluas ke berbagai area kehidupanmu, jadi penting untuk mengenalinya dan menghentikannya sebelum Anda terluka.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.