Sukses

Manfaat Sholat Hajat, Terhindar dari Kesulitan dan Marabahaya

Manfaat sholat hajat dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat berbagai sholat sunnah yang dapat dilakukan umat muslim. Salah satunya, sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dapat dilakukan seorang muslim agar segala keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT.

Sholat hajat dapat dilakukan 2 sampai 12 rakaat pada waktu siang maupun malam hari, kecuali waktu yang dilarang melaksanakan sholat sunnah tersebut. Setelah berusaha dan berjuang mewujudkan keinginannya, seorang muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits, yang artinya: "Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah akan berikan apa yang ia minta cepat atau lambat." (HR. Ahmad).

Sehabis mengerjakan sholat hajat, hendaknya melanjutkan berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT. Hal ini sebagai wujud pengakuan atas segala keesaan Allah SWT dan meminta petunjuk serta pertolongan Allah SWT.

Berikut dirangkum dari merdeka.com, Jumat (8/10/21) mengenai manfaat sholat hajat dalam kehidupan sehari-hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Sholat Hajat

1. Meminta Pertolongan dan Dipermudah Melalui Doa

Seorang muslim yang sedang memiliki kepentingan dan keinginan dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat.

Terdapat suatu riwayat yang mengisahkan tentang seorang yang tidak sempurna penglihatannya menemui Rasulullah untuk meminta doa agar diberi kesembuhan. Namun, Rasulullah SAW menganjurkan orang tersebut agar mendirikan sholat hajat dan berdoa yang artinya:

"Ya Allah Sesungguhnya aku bermohon kepada engkau, dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku." (HR. Utsman bin Hunaif)

2. Terhindar Dari Kesulitan dan Marabahaya

Umat muslim yang sedang mengalami kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mendirikan sholat hajat. Seseorang yang melaksanakan sholat sunnah ini akan diberikan pertolongan bagi hambanya yang mau berdoa.

Dilansir NU Online, Syekh M Nawawi Banten menyebutkan riwayat dari Wahib bin Al-Warad, seorang muslim yang sedang melaksanakan kesulitan hendaknya melakukan sholat sunnah sebanyak 12 rakaat.

 

Penulis : Alicia Salsabila

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.