Sukses

5 Manfaat Konsumsi Kelapa yang Tak Anda Sadari, Tingkatkan Imun hingga Turunkan Berat Badan

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kelapa bagi kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 2 September diperingati sebagai Hari Kelapa Sedunia. Buah yang satu ini banyak ditemukan di negara-negara Asia dan Pasifik, yang merupakan rumah bagi sebagian besar daerah penghasil dan pusat produksi kelapa dunia.

Hari Kelapa Sedunia diperingati dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat kesehatan dan komersial kelapa. Kelapa ditanam di tempat-tempat tropis selama jutaan tahun dan telah memberi manfaat bagi umat manusia dalam berbagai cara.

Tak hanya buahnya, setiap bagian dari kelapa dapat memberi manfaat bagi manusia. Namun untuk kali, kita akan berfokus pada buahnya.

Berikut ini beberapa manfaat kelapa untuk kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan kesehatan mulut

Efek antimikroba ditemukan dalam MCFA yang ada di kelapa. Ini dapat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh saluran akar dan masalah gigi lainnya.

Meskipun makan kelapa bukanlah pengganti untuk usaha membersihkan gigi dengan baik, namun ini dapat membantu menghilangkan beberapa bakteri jahat di mulut Anda dan melindungi gusi dan gigi Anda dari infeksi atau gigi berlubang.

 

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ampas kelapa kaya akan asam lemak rantai menengah (MCFA), sejenis lemak jenuh yang jauh lebih mudah dicerna tubuh daripada lemak hewani. Lipid ini, juga dikenal sebagai trigliserida rantai menengah (MCT), telah terbukti meningkatkan daya tahan pada atlet terlatih.

 

4 dari 6 halaman

3. Membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung

Meski mengandung lemak jenuh, namun lemak dalam kelapa tidak berbahaya seperti lemak jenuh yang banyak mengandung kalori dan kolesterol. Kelapa menyediakan kolesterol baik (HDL).

Minyak kelapa murni, yang berasal dari ampas kelapa kering, dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut. Ini sangat berguna karena lemak perut meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

 

5 dari 6 halaman

4. Membantu mengontrol kadar gula darah

Karena kelapa memiliki karbohidrat yang rendah namun tinggi asam amino, lemak sehat, dan serat, ini dapat membantu menstabilkan gula darah Anda. Ini menjadikan kelapa seabgai pilihan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah.

Kandungan serat daging kelapa yang tinggi juga dapat membantu menunda rasa lapar dan meningkatkan resistensi insulin, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

 

6 dari 6 halaman

5. Menghidrasi tubuh

Mengonsumsi air yang ditemukan dalam kelapa muda akan memberi Anda semua elektrolit yang Anda butuhkan. Ini adalah penyedia elektrolit terbaik, yang penting untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi. Ini juga akan menjaga saraf dan otot Anda dalam kondisi puncak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.