Sukses

Dapat Merusak Kulit, Jangan Lakukan Kebiasaan Mandi Seperti Ini di Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta Waktu, suhu, dan lama Anda mandi bisa menjadi keputusan yang sangat pribadi, namun ternyata hal itu juga memengaruhi kesehatan Anda. Ternyata ada kebiasaan mandi yang umum dilakukan orang di pagi hari, namun dapat merusak kulit bila dibiarkan terus-menerus.

Kebiasaan mandi pagi seperti apa yang sebaiknya tidak dilakukan. Berikut ini penjelasannya seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

 

2 dari 7 halaman

Mandi pagi Anda tidak boleh terlalu panas

Meskipun gagasan untuk memulai pagi Anda dengan mandi air dingin atau hangat mungkin terdengar tidak menarik, para ahli mengatakan itu adalah hal terbaik untuk Anda. "Mandi pagi Anda harus hangat dan tidak terlalu panas," kata ahli kecantikan profesional Alison Angold. "Air yang sangat panas tidak hanya akan mengeringkan kulit, tetapi juga akan menghilangkan penghalang permukaan kulit — mantel asam."

Alison menjelaskan bahwa mantel asam terdiri dari keringat dan sebum dan memberi Anda lapisan perlindungan anti-bakteri yang tidak terlihat. Perlindungan ini tak hanya mencegah bakteri memasuki kulit, tetapi juga melindungi terhadap kekeringan yang berlebihan, sensitivitas, iritasi, kemacetan, dan berjerawat

"Jadi itu merupakan komponen penting dari kulit."

 

3 dari 7 halaman

Bahaya lain mandi dengan air panas

Dokter kulit klinis Ailynne Marie Vergara-Wijangco, MD, setuju bahwa "air panas menghilangkan minyak alami dan merusak kulit lebih cepat." Sementara beberapa orang mengklaim mandi air dingin adalah cara yang tepat, dia mengatakan suhu apa pun yang terasa nyaman untuk Anda bekerja—asalkan tidak terlalu panas.

Tetapi ahli bedah kosmetik Robert Goldman, FRACS, MB, berpikir Anda harus mencoba mandi air dingin. Hal ini dikarenakan mandi air dingin di pagi hari dapat membantu membangunkan Anda, meningkatkan sirkulasi darah, mengendurkan otot yang sakit, dan mempercepat pemulihan setelah latihan intensif.

 

4 dari 7 halaman

Anda juga tidak boleh mandi pagi terlalu lama

Meskipun mungkin tergoda untuk memulai hari Anda dengan mandi yang lama dan mewah, para ahli memperingatkan agar tidak melakukannya. "Mandi terlalu lama bisa berbahaya bagi kulit Anda," kata Amber O'Brien, MD, seorang dokter di Mango Clinic. O'Brien menyarankan menghabiskan tidak lebih dari lima sampai 10 menit di kamar mandi di pagi hari.

Vergara-Wijangco juga menunjukkan bahwa paparan air yang berkepanjangan dapat menyebabkan kulit dan rambut kering. Selain itu, mandi lebih lama memberi "air kesempatan untuk menjadi lebih merusak," katanya, jadi semakin pendek mandi, semakin baik.

 

5 dari 7 halaman

Menghindari mandi air panas yang lama sangat penting bagi orang-orang dengan kondisi kulit

Orang dengan kondisi kulit harus sangat sadar akan waktu saat mereka mandi. O'Brien mencatat bahwa mereka yang menderita eksim atau psoriasis harus menghabiskan waktu sesedikit mungkin di kamar mandi sambil tetap bersih.

Vergara-Wijangco mengatakan hal yang sama pada orang dengan dermatitis atopik atau kulit sangat kering. Jika Anda memiliki kondisi kulit apa pun, itu bisa diperburuk dengan mandi terlalu lama atau terlalu panas.

 

6 dari 7 halaman

Pilih produk mandi dengan bijak

Waktu dan suhu mandi Anda bisa jadi tidak relevan jika Anda menggunakan semua produk yang salah saat berada di sana. Angold mengatakan bahwa beberapa sabun dan gel mandi dapat "mengganggu keseimbangan PH dari mantel asam ini dan melepaskannya dari kulit kita, membuat kulit terkena kondisi buruk."

Dia merekomendasikan menggunakan pelembab tubuh atau minyak mandi untuk "menjaga keseimbangan di kulit dan meninggalkan perlindungan kulit di tempat, sementara juga menjaga kulit terhidrasi dan bergizi."

Jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, bicarakan dengan dokter Anda tentang produk mana yang terbaik untuk Anda.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: