Sukses

Bikin Langgeng, 5 Cara Sederhana Mempererat Hubungan dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hubungan tentu mengalami fase yang naik-turun. Tak jarang seseorang memerlukan upaya lebih untuk mempertahankan hubungan agar tetap terjaga.

Hubungan asmara perlu dipupuk terus dengan cinta agar langgeng. Hal tersebut bisa dilakukan dengan komunikasi non-verbal dan saling menghargai sehingga hubungan tetap sehat dan kuat.

Anda bisa berusaha berkata jujur dan terbuka agar tidak ada asumsi, saling menjaga kepercayaan, dan menggunakan sentuhan non-verbal untuk menjaga hubungan tetap kuat.

Namun, jika Anda masih kesulitan untuk melakukan hal tersebut, lima hal sederhana berikut ini mungkin bisa Anda terapkan untuk mempererat hubungan dengan pasangan.

2 dari 7 halaman

1. Luangkan waktu untuk introspeksi

Donna T. Novak, seorang psikolog asal California mengatakan bahwa meluangkan waktu untuk introspeksi adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai cinta untuk diri sendiri.

“Ketika kita berperang dengan diri kita sendiri, sulit untuk mempertahankan dan membangun hubungan yang kuat,” kata Novak.

Cinta berawal dari diri sendiri kemudian mengalir dan membiarkan hubungan dengan orang lain tumbuh dengan sehat dan langgeng.

3 dari 7 halaman

2. Memupuk rasa cinta

Salah satu kunci agar hubungan kuat dan langgeng adalah dengan selalu memupuk rasa cinta setiap harinya. Sama halnya dengan sebuah tanaman yang harus diberi pupuk dan disiram air setiap harinya, hubungan juga perlu dibangun dan dirawat agar terus tumbuh dan kuat.

“Anda menanam benih (menemukan seseorang yang Anda ingin tahu lebih baik), kemudian memupuk, menyirami, dan melihat benih itu tumbuh. Hal itu perlu perawatan rutin,” kata Denise P, Kalm, seorang pelatih DPK Coaching.

Menurutnya, tak sedikit pasangan yang sudah menikah dan berhenti berusaha. Padahal, Anda perlu melakukan sesuatu yang berbeda satu sama lain setiap harinya agar mendapatkan hubungan yang bahagia dan tumbuh sehat, seperti sebuah tanaman.

 

4 dari 7 halaman

3. Saling memahami

Ketika pasanganmu sedang berbicara padamu, pastikan mendengarkannya dengan baik sebelum memberikan reaksi. Meski ucapannya terdengar membuat kesal, usahakanlah untuk memahaminya terlebih dahulu.

Dengan begitu, pasanganmu akan lebih terbuka dan mudah untuk menceritakan segala hal yang sedang dirasakan terhadap Anda. Hal tersebut membuat hubungan menjadi lebih kuat karena adanya kejujuran satu sama lain. 

5 dari 7 halaman

4. Berpikir sebelum ambil keputusan

Sebelum mengambil keputusan, tanyakanlah pada dirimu dahulu. Apakah keputusan yang Anda ambil akan menguatkan atau justru melemahkan hubunganmu?

Usahakan agar pasanganmu mengetahui setiap keputusan yang Anda ambil meskipun bersifat rahasia atau terasa menyakitkan. Dengan begitu, pasanganmu tak akan merasa diabaikan.

 

6 dari 7 halaman

5. Berusaha selalu ada

Bukan hanya secara fisik, cara interaksi Anda bersama pasangan juga perlu terbangun secara intens sebagai bentuk kehadiran. Sebaiknya, hindari bermain ponsel atau membuka media sosial ketika sedang bersama pasangan. Hal tersebut membantu Anda mendapatkan waktu yang berkualitas dengannya.

Meski terlihat sepele, terdapat perbedaan yang signifikan ketika kamu mulai berinteraksi langsung dengannya. Mulailah tak membagi waktu dan perhatianmu antara ponsel dan dia.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: