Sukses

Camilan Sehat Untuk Anak, Ini Resep Crepes Pisang Selai Kacang

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak sangat menyukai makanan-makanan yang menarik secara visualnya. Tidak hanya visualnya, banyak anak yang menyukai rasa manis saat memilih makanan untuk dikonsumsi. Hal tersebut terlihat anak-anak yang sangat menyukai coklat, permen, es krim, dan makanan lainnya yang manis.

Namun, makanan manis bisa menyebabkan berbagai penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa membuat camilan manis dengan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan.

Melansir Verywell Fitcrepes pisang selai kacang bisa menjadi solusi camilan manis yang dijadikan pilihan untuk disajikan kepada anak-anak. Crepes ini juga terbuat dari gandum utuh sehingga juga bisa dijadikan hidang penutup yang lezat.

Dengan menggunakan buah pisang juga bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, berikut beberapa manfaat dari buah pisang.

2 dari 6 halaman

Manfaat Dari Buah Pisang

Dilansir dari Verwell Fit, pisang memiliki kandungan karbohdirat sebanyak 27 gram per pisang ukuran sedang (didefinisikan sebagai 7" sampai 7 7/8"). Dari jumlah tersebut termasuk 3 gram serat dan lebih dari 14 gram gula alami.

Pada pisang terdapat kandungan lemak yang rendah, dengan ukuran kurang dari ½ gram per pisang berukuran sedang. Begitu pun dengan protein, pisang hanya mengandung di bawah 1,5 gram per pisang sedang.

Pisang dikenal dengan kandungan potasium yang menawarkan sebanyak 422mg. Tidak hanya potaisum, pisang juga mengandung vitamin C, folat, magnesium, dan kolin.

Denganberbagai macam nutrisi tersebut, pisang memberikan manfaat kesehhatan seperti meningkatkan manajemen diabetes. Dalam tinjauan beberapa penelitian menemukan tepung pisang hijau efektif dalam meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan penurunan berat badan, dan mengurangi beberapa masalah hati dan ginjal yang terkait dengan diabetes.

Pisang dengan sumber prebiotik yang baik, serat yang dapat difermentasi yang membantu memberi makan "bakteri baik," atau probiotik, di dalam usus. Dalam pencerenaan, prebiotik akan membantu untuk mendorong pertumbuhan bakteri yang membantu mencerna makanan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pisang bisa membantu menurunkan berat badan karena termasuk makanan yang rendah kalori. Pisang sebagai pilihan camilan atau sarapan dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Tak hanya itu, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan potasium yang baik. Dan juga bisa membantu menyembuhkan luka, karena terdapat sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam kulit pisang.

3 dari 6 halaman

Bahan-Bahan

Penggunaan bahan-bahan yang akan disebutkan di bawah ini diperuntukkan untuk membuat 10 crepes, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Bahan-bahan yang digunakan, yaitu:

  • 1 cangkir susu
  • 1 cangkir tepung gandum utuh (rolled oats)
  • 1 telur besar
  • Sejumput garam
  • 5 sendok makan selai kacang
  • 1 pisang besar, iris tipis
  • Cokelat hitam cincang, opsional, untuk hiasan
  • Kacang cincang, opsional, untuk hiasan
4 dari 6 halaman

Cara Pembuatan

Dalam membuat crepes ini membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama yaitu selama 30 menit. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat crepes ini, yaitu:

  1. Siapkan mangkuk berukuran sedang untuk mencampurkan tepung, susu, telur, dan garam sampai merata
  2. Konsistensi adonan harus lebih encer dibandingkan dengan adonana pancake, jadi tambahkan air jika diperlukan untuk mendapatkan kekentalan yang sesuai
  3. Saat sudah sampai pada konsistensi yang tepat, tutup mangkuk dengan handuk dapur tipis selama 5 menit
  4. Panaskan wajan antilengket di atas api sedang, dan tambahkan minyak goreng atau mentega hingga meleleh
  5. Ambil adonan yang sudah ditutup tadi untuk dimasak
  6. Tuangkan adonan sedikit demi sedikit sesuai lingkaran wajan secara merata sampai membentuk lapisan sangat tipis
  7. Masak selama 1-2 menit hingga bagian bawahnya berwarna keemasan dan tepinya mulai kecoklatan
  8. Lalu balik lapisan crepes tersebut, untuk memeasak sisi satunya selama 30-6- detik sampai berwarana keemasan dan matang
  9. Ulangi langkah tersebut dengan sisa adonan yang ada, dan jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng atau mentega sebelum memasukkan adonan ke dalam wajan
  10. Saat crepes sudah siap, oleskan dengan 1 sdt selai kacang dan lipat menjadi dua atau empat bagian
  11. Iriskan pisang untuk menjadi topping di atas crepes untuk disajikan
  12. Setelahnya, taburi kacang cincang dan cokelat serut di atas pisang
  13. Crepes pisang selai kacang siap disajikan

Catatan: Anda juga bisa membuat variasi atau pun subtitusi bahan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5 dari 6 halaman

Nutrisi Dalam Makanan

Dalam crepes ini mengandung 112 kalori, 5 gram lemak, 13 gram karbohidrat, dan 4 gram protein. Dari nutrisi tersebut, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: