Sukses

Ketahui 6 Alasan Dibalik Kucing Tiba-Tiba Menggeram

 

Liputan6.com, Jakarta Kucing memiliki berbagai suara yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dan menggeram adalah salah satu cara kucing mengekspresikan diri. Suara rendah dan gemuruh ini dimaksudkan sebagai peringatan. Ini bisa menjadi respons terhadap manusia, hewan atau kucing lain. 

Mari kita lihat beberapa penyebab paling umum yang membuat kucing menggeram.

1. Kucing memberi peringatan 

Seperti banyak hewan peliharaan, Anda akan melihat bahasa tubuh kucing yang mencoba memberi tanda peringatan. Bulu berdiri gerakan telinga, posisi ekor, mulut, dan lain-lain, hanyalah beberapa sinyal peringatan yang coba dikatakan hewan peliharaan Anda untuk 'mundur; sekarang.

2. Kucing merasa takut

Tidak semua geraman merupakan tanda perlawasan atau karena alasan teritorial. Kucing bisa menjadi takut dan mulai menggeram karena ketakutan. Jika dia takut pada seseorang atau hewan peliharaan lain, Anda harus memberikan ruang bagi mereka untuk melarikan diri. Jika dia merasa terjebak, dia kemungkinan akan membalas.

 

2 dari 4 halaman

3. Kucing menunjukkan dominasi

Saat kucing Anda menggeram, mungkin mereka ingin mengekspresikan dominasi yang disebabkan oleh teritorial bawaan yang mereka miliki.

Jika Anda memperkenalkan kucing Anda ke hewan peliharaan baru di ruangan yang sama, Anda mungkin akan mendengar sedikit geraman dan desisan. Ini bisa karena kucing Anda merasa sedikit canggung dengan hewan peliharaan baru yang berada di wilayahnya.

4. Kucing adalah makhluk posesif

Kucing pada dasarnya adalah makhluk yang posesif. Jika Anda mengambil sesuatu yang menjadi milik mereka, kemungkinan besar mereka akan menggeram atau mendesis pada Anda. Misalnya, induk kucing dewasa melindungi anak-anaknya. Jika mereka merasa ada sesuatu yang mengancam bayinya, mereka kemungkinan akan menggeram kepada Anda untuk memperingatkan agar menjauh dari anak kucingnya.

Menggeram juga bisa datang pada makanan atau benda seperti mainan kucing favorit mereka. Hal ini sering menunjukkan protektif atas harta benda mereka.

5. Kucing sedang sakit

Kucing dapat menggeram ketika mereka merasakan sakit fisik, mirip dengan bagaimana mereka akan mengeong atau menangis karena kesakitan.

Cedera maupun penyakit seperti radang sendi, penyakit gigi, atau infeksi saluran kemih dapat menyebabkan teman kucing Anda menggeram. Ini biasanya terjadi ketika seseorang mencoba menyentuh kucing Anda di tempat yang sakit. Jika geraman tidak biasa atau geraman terus berlanjut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengevaluasi kesehatannya.

 

3 dari 4 halaman

6. Kucing merasa tertekan

Kucing dapat stres atau panik karena berbagai keadaan. Mereka bisa stres ketika mereka takut, kesakitan, atau bahkan tersesat. Jika kucing berjuang melawan stres, Anda harus menilai lingkungannya untuk menentukan apa yang memicu kecemasan pada kucing, mungkin saya karena sesuatu yang berisik dan banyak orang.

Masing-masing, setiap kucing merespons situasi secara berbeda. Anda harus mengamati perilaku kucing Anda dan memastikan bahwa mereka berada di lingkungan yang nyaman.

4 dari 4 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)