Sukses

Lahir Saat Pandemi, Bayi Panda Ini Bakal Bertemu Pengunjung Pertama Kalinya

Liputan6.com, Jakarta Pandemi yang terjadi lebih dari setahun ini sudah melumpuhkan banyak kegiatan di hampir seluruh dunia. Banyak peristiwa yang terjadi seperti tidak istimewa karena terdapat pembatasan ekstra untuk menekan laju penularan yang sanat cepat.

Salah satu kejadian penting yang biasanya menjadi sangat ditunggu dan istimewa ialah kelahiran bayi. Bukan hanya untuk manusia, beberapa hewan yang dipelihara atau berada di kebun binatang juga akan senang saat kehadiran anggota baru.

Melansir dari Hindustan Times, seekor anak panda salah satu kebun binatang di AS lahir saat pandemi beberapa waktu lalu. Hal tersebut membuat anak panda itu menjadi belum bertemu orang-orang yang mengunjungi kebun binatang.

2 dari 4 halaman

Anak Panda 9 Bulan Akan Muncul di Depan Banyak Orang

Kelahirannya tiba saat puncak pandemi terjadi, anak panda ini baru akan bertemu dengan orang-orang setelah menginjak usia 9 bulan. Anak panda tersebut merupakan putra dari Tian Tian dan Mei Xiang, yang dilahirkan pada Agustus 2020 lalu.

Dahulu, panda meruapakan salah satu hewan yang terdaftar sebagai hewan terancam punah tetapi sekarang diklasifikasikan sebagai rentan berkat upaya pemulihan habitatnya. Diperkirakan ada 1.800 panda raksasa di alam liar, serta banyak lainnya yang juga terdapat di kebun binatang.

Anak panda ini bernama Xiao Qi Ji yang saat ini sudah memiliki postur tubuh sangat besar. Selama pandemi ini terjadi, anak panda tersebut hanya dilihat oleh publik di “Panda Cam” secara virtual saja sehingga belum bertatapan langsung dengan banyak orang.

Pada bulan Mei lalu, Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, AS, dibuka kembali. Setelah sebulumnya, keun binatang ini ditutup pada bulan Maret 2020, lalu dibuka kembali pada Juli sebelum ditutup lagi pada November karena pandemi COVID-19.

Saat kebun binatang akan dibuka kembali, anak panda 9 bulan tersebut akan bertemu langsung dengan banyak pengunjung yang datang. Walaupun terdapat beberapa kebijakan yang haris dijalankan oleh para pengunjung.

Kebun Binatang Nasional yang merupakan bagian dari Smithsonian Institution ini hanya akan menampung 20% atau sekitar 5 ribu sampai 6 ribu pengunjung dalam per hari. Jumlah kapasitas tersebut sudah sangat dikurangi dari pada yang seharusnya, turun sebanyak 20 ribu.

Selain itu, menurut situs web miliki kebun binantan tersebut, untuk meminimalkan keramaian yang terjadi, pihak pengelola kebun binatang mengeluarkan tiket masuk berjangka waktu. Tak hanya itu, terdapat peraturan yang meminta para pengunjung untuk menggunakan jalur satu arah.

3 dari 4 halaman

Postingan Tingkah Laku Anak Panda Diabadikan Dalam Video

Tingkah laku anak panda yang sedang berada di dalam kandang tersebut sangat menggemaskan. Xiao Qi Ji memainkan kerangjang berwarna merah muda hingga masuk ke dalamnya, sungguh menggemaskan melihat anak panda raksasa tersebut.

Postingan yang diunggah pada tanggal 22 Mei 2021 lalu itu telah disukai oleh 180 ribu lebih pada pengguna Instagram. Dengan menggunakan akun resminya bernama  @smithsonianzoo, video tersebut diunggah bersama dengan keterangnnya.

Keterangan tersebut berbunyi, “Seperti anak panda yang lucu di dalam peti, kami harap akhir pekan Anda sangat menyenangkan!”, tulisnya. Tak hanya itu ditambahkan juga keterangan lainnya, “Mainan pengayaan seperti peti susu ini mendorong panda raksasa Mei Xiang dan anaknya Xiao Qi Ji untuk tetap aktif secara fisik dan mental yang tajam melalui permainan dan eksplorasi. #Cerita Panda”, lanjutnya.

Banyak juga yang bereaksi akan postingan tersebut, seperti akun bernama @crystal_almario meninggalkan komentar, “Sangat senang telah mengalami hari pertama pembukaan dan menonton panda!”, tulisnya.

Beberapa lainnya juga mengucapkan bahwa panda-panda tersebut sangat menggemaskan, khususnya anak panda, Xiao Qi Ji.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: