Sukses

Suka Mengganggu, Ini Dia Alasan Kucing Senang Bersantai di Atas Keyboard Laptop

Mengapa kucing suka dan senang bersantai di atas keyboard laptop? Simak alasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah kucing seringkali tak bisa ditebak, mulai dari berlari-larian hingga duduk di atas keyboard laptop saat pemiliknya sedang bekerja. Bahkan hewan peliharaan satu ini senang berlama-lama di atas laptop.

Tak jarang hal tersebut membuat pekerjaan kita menjadi berantakan karena tubuhnya menutupi keyboard atau bahkan tak sengaja memencet tombol tertentu. Lalu, sebenarnya mengapa kucing senang berada di atas keyboard laptop?

"Sulit bagi Anda atau saya untuk membayangkan. Namun, bagi seekor kucing, keyboard benar-benar menjadi tempat yang sempurna," kata seorang pakar hewan peliharaan, Arden Moore dikutip dari PetMD.

"Keyboard laptop hangat, menyenangkan untuk diduduki, dan yang paling penting keyboard tersebut berada di antara Anda dan layar monitor," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Kucing Senang Berada di Atas Keyboard

Namun, ada alasan lain yang membuat kucing tertarik duduk di atas keyboard laptop. Mulanya, mereka mungkin hanya ingin tahu benda yang sedang Anda mainkan. Namun, kucing juga mengingikan perhatian ketika Anda tak bisa memberikannya.

"Laptop ada di pangkuan Anda yang merupakan wilayah utama kucing. Anda menatapnya terus menerus dan kucing lebih suka jika Anda mengarahkan perhatian Anda padanya sehingga ia berada di antara Anda dan layar," kata Amy Shojai pada Inverse.

Seekor kucing dapat merasakan energi manusia. Hal tersebut membuat kucing dapat menyadari berbagai perubahan yang ada pada diri Anda.

Mulai dari mata yang mengecil hingga mengganti postur tubuh dan serius menatap layar monitor. Bagi seekor kucing, perilaku tersebut sangat penting untuk diamati.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasinya

Lantas, apakah Anda perlu memarahi dan mengusirnya karena mengganggu pekerjaan? Seorang ahli perilaku hewan, Jill Goldman, mengatakan bahwa hal tersebut tak perlu untuk dilakukan. Pasalnya, kucing termasuk hewan sensitif dan tak terlalu pemaaf, bahkan seharusnya Anda merasa senang karena mereka membutuhan Anda.

"Kucing memiliki reputasi sebagai hewan kurang sosial dan lebih mandiri daripada anjing. Namun pada kenyataannya, kucing membutuhkan perhatian dan interaksi yang sama seperti anjing untuk menjadi hewan peliharaan yang sehat dan bahagia. Perilaku mereka yang tampaknya menyendiri adalah semacam mekanisme pertahanan," jelas Moore.

Jadi, sebaiknya tutup laptop dan luangkan waktu berdua untuk bermain bersama kucing peliharaan Anda. Anda bisa mengajaknya berjalan menggunakan tali, bermain teka-teki, atau bahkan mencari makanan bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.