Sukses

Kerap Diabaikan, Ini 5 Tanda Anda Berada dalam Hubungan Asmara yang Sehat

Berikut beberapa tanda yang kerap diabaikan bahwa Anda berada dalam hubungan asmara yang sehat

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda tengah di mabuk asmara, akan sulit untuk melihat bagaimana hubungan tersebut dari luar. Anda begitu terikat dalam kehidupan satu sama lain sehingga hal-hal yang mungkin beracun dalam hubungan tersebut, terkadang tidak diperhatikan dan tidak dihargai.

Penting untuk melihat hubungan asmara Anda baik secara individu maupun sebagai pasangan. Dengan rutin menilai tingkat kebahagiaan dan kepuasan Anda, Anda akan mengetahui apakah hubungan asmara tersebut sehat atau tidak.

Berikut adalah beberapa tanda yang kerap tidak disadari bahwa Anda berada dalam hubungan asmara yang sehat. Melansir dari Brides, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda Bertanggung Jawab Atas Kebahagiaan Anda Sendiri

Ada perbedaan antara cinta timbal balik yang sehat dalam suatu hubungan dan ketergantungan total. Tetapi tidak selalu mudah untuk mengatakannya.

Hubungan itu sehat bila Anda terus mempertahankan rasa individualitas yang terpisah dan berbeda. Dalam hubungan yang stabil, "Anda tidak bergantung pada pasangan Anda untuk kebahagiaan Anda," kata Dr. Kristie Overstreet, seorang seksolog klinis dan psikoterapis, kepada Brides.

Overstreet mengatakan bahwa untuk bertanggung jawab atas kebahagiaan dan kesejahteraan pribadi Anda sendiri, Anda harus "tetap menjadi individu dalam hubungan yang mencakup minat, hobi, dan teman Anda sendiri."

Walaupun mungkin Anda tergoda untuk membentuk diri Anda agar sesuai dengan keinginan pasangan Anda, ini tidak akan berhasil dalam jangka panjang.

 

3 dari 6 halaman

2. Anda Dapat Berbagi Emosi Secara Terbuka

Ini mungkin tampak jelas bagi sebagian orang, tetapi banyak hubungan tidak memungkinkan komunikasi yang terbuka dan jujur. Ada ketakutan bawaan bahwa jika kita terbuka tentang ketidakpuasan, disforia, atau masalah hubungan yang kita miliki, kita akan berakhir ditinggalkan.

Dalam hubungan yang sehat, "Anda dapat berbagi perasaan dan emosi dengan pasangan Anda tanpa menimbulkan pertengkaran," kata Overstreet. Orang ini adalah pasangan hidup Anda.

Anda harus bisa berbicara tentang segala hal dan menyiapkan ruang untuk kejujuran tanpa penilaian atau ego yang terluka. Jika Anda tidak bisa menjadi diri sendiri dengan pasangan Anda, dengan siapa Anda bisa menjadi diri sendiri?

 

4 dari 6 halaman

3. Anda Mendengarkan Satu Sama Lain

Hubungan yang paling sehat bukan hanya tentang berbagi dan mengekspresikan emosi, tetapi benar-benar mendengarkan emosi tersebut dan memprosesnya. Jika hubungan Anda baik-baik saja, "Anda dapat memberi ruang bagi pasangan Anda untuk memberi tahu Anda bagaimana keadaan mereka tanpa mempersonalisasikannya dan membuatnya tentang diri Anda sendiri," kata Overstreet.

Ini berarti tidak hanya mendengarkan pasangan Anda tetapi benar-benar membuka telinga, pikiran, dan hati Anda terhadap apa yang mereka katakan. Anda berdua harus mau mendengarkan tantangan yang dihadapi pihak lain dan mencari solusi yang bisa diterapkan.

Anda adalah rekan dalam segala hal — yang baik dan yang buruk. Dan pada saat yang sama, Anda adalah dua orang dengan kebutuhan dan keinginan individu.

 

5 dari 6 halaman

4. Anda Mempertimbangkan Pasangan Sebelum Membuat Keputusan Besar

Pasangan yang baik tidak membuat pilihan hidup yang drastis tanpa berkonsultasi dan mempertimbangkan perasaannya.

Hubungan yang beracun sangat berfokus pada "Aku" —apakah itu tentang ke mana Anda akan pindah, mengubah karier, apa yang harus dilakukan dengan uang bersama Anda, membeli sesuatu yang sangat mahal — tanpa berhenti untuk mempertimbangkan bagaimana pasangan mereka mungkin terpengaruh.

Jika Anda berada dalam hubungan yang sehat, Anda berdua mempertimbangkan yang lain hampir secara tanpa disadari saat membuat pilihan. Ingatlah ini.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda Bisa Bersama Pasangan Anda Sepanjang Waktu

“Anda tidak bosan berada di dekat pasangan Anda dalam hubungan yang sehat," jelas Overstreet. Bahkan jika Anda sudah bersama selama bertahun-tahun, pasangan Anda tetaplah orang favorit Anda di dunia.

Mereka adalah sahabat Anda, orang kepercayaan, bahu untuk menangis, dan batu kokoh tempat Anda bersandar.

Ketika sesuatu yang luar biasa terjadi, pasangan Anda adalah orang pertama yang Anda hubungi untuk memberi tahu. Saat Anda mengantre di bank, bosan, pasangan Anda adalah orang pertama yang Anda kirimi pesan untuk menyapa. Dalam hubungan yang sehat, Anda selalu tentang satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.