Sukses

Ingin Produktif Selama Online Meeting dengan Rekan Kerjamu, Simak Tips Berikut

Liputan6.com, Jakarta Kerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah work from home (WFH) telah menjadi sebuah metode dan budaya kerja banyak instansi, organisasi maupun perusahaan di seluruh dunia. Jika kita berbicara mengenai WFH, tentunya tidak lepas dari yang namanya online meeting.

Tahukah kamu bahwa ternyata, bekerja di rumah dan melakukan online meeting jauh lebih melelahkan daripada pertemuan tatap muka. Kenapa bisa begitu, ya?

Kelelahan ini disebabkan oleh adopsi massal teknologi secara tiba-tiba yang mengganggu cara kita berkomunikasi secara normal. Dilansir dari hasil penelitian Virtual Human Interaction Lab of Stanford University, perasaan dan sikap manusia sebagian besar disampaikan melalui ekspresi wajah, postur tubuh, nada suara ataupun sinyal nonverbal lainnya.

Selama melakukan online meeting melalui video conference, kita perlu bekerja lebih keras untuk menangkap dan memproses isyarat non-verbal sehingga menghabiskan lebih banyak energi. 

Nah, selama proses WFH ini masih terus berlangsung, apa saja yang bisa kita lakukan agar online meeting tetap produktif dan efektif sehingga dapat mengurangi rasa lelah? Yuk, simak tips agar online meeting tetap produktif dan juga efektif!

 

2 dari 6 halaman

Susun jadwal kegiatan selama meeting dan beri batasan waktu

Kejelasan jadwal yang akan dilakukan selama meeting akan membuat setiap orangnya berusaha untuk tidak membahas topik yang menyimpang dari pembahasan utama. Selain itu, pembatasan waktu membantu individu untuk berusaha fokus karena tidak ingin membuang waktu yang ada dan menambah nilai dalam waktu yang terbatas tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Tentukan moderator selama meeting

Moderator dalam meeting bertugas untuk memandu jalannya meeting dan mengarahkan poin penting yang dipaparkan. Selain itu, dengan adanya moderator peserta tidak akan menghabiskan waktu untuk berbicara lebih banyak, karena moderator akan menentukan tindakan peserta.

 

4 dari 6 halaman

Siapkan peralatan untuk online meeting

Menyiapkan peralatan untuk online meeting juga perlu. Pastikan kamera dan alat pengeras suara dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, perlu juga memastikan jaringan internet kamu bekerja dengan baik, supaya pesan dapat diterima maupun disampaikan dengan baik. 

 

5 dari 6 halaman

Menghindari gangguan yang akan terjadi selama meeting

Guna menghindari gangguan yang akan terjadi, alangkah baiknya bila peserta meeting berada dalam lingkungan yang kondusif. Seperti cahaya yang terang, ruangan yang tertutup serta latar belakang yang tidak mengganggu fokus peserta lainnya.

 

6 dari 6 halaman

Menyusun kesimpulan

Moderator yang bertugas dapat mengambil beberapa poin penting selama meeting dan menjadikannya sebagai kesimpulan. Serta memastikan setiap pesertanya sudah mendapat informasi penting dan memahami inti dari meeting tersebut.

Nah, itu dia tips online meeting yang bisa kamu terapkan bersama rekan kerjamu sehingga lebih produktif dan efektif. Semoga melalui tips ini, kamu dapat mengelola waktu kerja dan aktivitas lainnya secara lebih berimbang.

Jika punya waktu luang, jangan lupa digunakkan untuk hal yang bermanfaat ya! Misalnya, belajar dan meningkatkan skill bersama para pakar di Skill Academy by Ruangguru. Di sini, kamu juga akan mendapatkan materi pembelajaran secara praktis, mudah, dan terjangkau. Yuk, asah keterampilan kamu dan daftar sekarang!