Sukses

5 Cara Menghadapi Orang yang Suka Ikut Campur Urusan Pribadi

Liputan6.com, Jakarta Kita sering kali bertemu dengan seseorang yang selalu ikut campur dalam urusan pribadi hidup orang lain. Mereka terkadang tidak ingin ketinggalan informasi mengenai apa yang terjadi.

Meski terkesan peduli, tetapi hal itu membuat orang lain merasa tersinggung. Hampir semua individu tidak suka jika ada orang lain yang mencampuri urusan pribadinya.

Namun, tanpa disadari perilaku kita ternyata telah mencampuri urusan orang lain. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghadapi orang-orang yang suka terlibat dalam urusan pribadi. Tujuannya agar mereka tidak lagi mengganggu hidup orang lain. Berikut ulasannya

2 dari 7 halaman

1. Lihat Tujuan Mereka

Saat bertemu orang seperti ini, perhatikan maksud dari tindakan mereka. Apakah memiliki tujuan yang baik dan tulus atau hanya ingin tahu urusan pribadi orang lain.

Terkadang mereka memiliki tujuan yang baik tetapi cara mereka mengatakannya terdengar menyakitkan.

3 dari 7 halaman

2. Berikan Batasan yang Jelas

Bertanya tentang kehidupan pribadi orang lain bagi beberapa individu merupakan hal yang tidak sopan. Mereka mungkin tidak akan menjawab pertanyaan tentang hal itu.

Namun, individu seperti itu biasanya selalu ada di kehidupan seseorang. Cara menghadapinya adalah membuat batasan yang jelas kepada mereka.

Berikan pernyataan yang tegas untuk tidak membahas hal tersebut, serta tidak perlu menjawabnya jika tidak ingin. Sehingga mereka tidak bisa mendapatkan akses informasi tentang hidup Anda.

4 dari 7 halaman

3. Jangan Tersinggung

Walaupun tindakan orang lain tidak dapat dikontrol, tetapi Anda dapat mengontrol apa yang dilakukan.

Dalam hal ini, meskipun Anda sudah mengetahui bahwa perkataan tersebut, seharusnya tidak keluar dari mulut mereka. Anda dapat mengontrol perasaan diri tentang hal itu.

5 dari 7 halaman

4. Abaikan

Mereka yang sering mengganggu Anda dengan menyinggung urusan pribadi memang sangat menyebalkan.

Apalagi jika orang tersebut sulit dihindari, seperti rekan kerja, keluarga, atau tetangga. Cara terbaik adalah dengan mengabaikan mereka ketika sedang menyinggung urusan pribadi.

6 dari 7 halaman

5. Jangan Berbagi Informasi Pribadi

Informasi pribadi yang dibagikan kepada orang lain membuat mereka ingin tahu lebih dalam tentang Anda. Dengan mengetahui beberapa hal itu, mereka akan mulai mengomentari dan mempertanyakannya.

Jika ada orang lain bertanya tentang urusan pribadi, Anda dapat mengalihkan pembicaraan dan katakan untuk tidak ingin membahas hal tersebut. 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: