Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat yang Didapat Jika Tidur di Lantai

Rupanya ada beberapa manfaat yang dikatakan dapat Anda dapatkan jika tidur di lantai.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur menjadi waktu yang sangat penting untuk memulihkan rasa lelah usai seharian beraktivitas. Umumnya orang-orang di berbagai negara tidur menggunakan kasur.

Namun, berbeda dengan masyarakat di Jepang. Kebanyakan masyarakat di negeri Sakura lebih memilih untuk tidur di lantai menggunakan matras. Hal ini nampaknya sudah menjadi tradisi di sana.

Rupanya tak hanya sekedar tradisi, ada beberapa manfaat yang dikatakan dapat Anda dapatkan jika tidur di lantai. Melansir dari Bright Side, Rabu (10/3/2021), berikut ulasannya:

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dapat Meredakan Sakit Punggung

Tidur di permukaan yang keras dan rata baik untuk punggung Anda dan dapat membebaskan Anda dari rasa sakit pada punggung yang telah menyertai Anda selama bertahun-tahun.

Saat tidur di tempat tidur empuk memang terasa nyaman, pasalnya kasur Anda bisa fleksibel mengikuti bentuk tubuh Anda, namun hal ini dapat menyebabkan tulang belakang Anda melengkung dan menyebabkan sakit punggung.

Faktanya, ahli medis bahkan menyarankan untuk meletakkan kayu lapis di bawah kasur Anda jika terlalu empuk. Tidur di lantai juga akan menjaga tulang belakang Anda tetap sejajar dan mencegah tubuh Anda berputar ke posisi yang tidak wajar.

3 dari 6 halaman

2. Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Jika Anda tidur dalam posisi yang benar dan tulang belakang Anda mendapat sokongan yang tepat, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaga punggung tetap tegak di siang hari.

Tidur di lantai dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh yang buruk, karena saat punggung tidak sakit, Anda tidak perlu membungkuk.

4 dari 6 halaman

3. Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Saat Anda tidur di lantai, ini dapat meningkatkan aliran darah karena berat badan Anda didistribusikan secara merata dan ada lebih sedikit tekanan di berbagai bagian tubuh Anda.

Tidur dengan posisi lurus juga akan mencegah mati rasa dan kesemutan akibat sirkulasi yang buruk. Misalnya, jika Anda tidur meringkuk, darah beredar dan kemudian mengalir kembali ke jantung Anda, menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pembekuan darah dan varises.

5 dari 6 halaman

4. Dapat Membantu Anda Bangun Tepat Waktu

Jika Anda merasa sulit meninggalkan kenyamanan bantal dan bangun dari tempat tidur di pagi hari, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang kesulitan untuk bangun saat alarm berbunyi dan tergoda untuk menekan tombol snooze.

Saat Anda tidur di lantai, Anda mendapatkan kualitas tidur yang tepat, dan Anda merasa tidak begitu nyaman sehingga Anda tidak ingin berbaring di sana sepanjang hari.

6 dari 6 halaman

5. Harga Terjangkau

Beralih ke tempat tidur lantai juga akan bagus untuk dompet Anda. Rata-rata orang menghabiskan sekitar $ 1.000 dolar untuk membeli kasur dan memilih kasur yang salah dan menggantinya sehingga dapat menghabiskan waktu dan energi Anda.

Tidur di lantai akan menghemat ribuan dolar atau jutaan rupiah karena Anda tidak perlu membeli rangka tempat tidur atau kasur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.