Sukses

Meluruskan Rambut hingga Pupuk, Ini 7 Manfaat Susu yang Tidak Anda Ketahui

Berikut ini kegunaan alternatif dari susu untuk membantu kehidupan Anda sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, susu bisa digunakan di luar dapur Anda. Ini bisa menjadi pilihan Anda untuk meluruskan rambut atau bahkan membersihkan furnitur dan sepatu kulit Anda.

Penggunaan alternatif susu ini tidak hanya membantu pekerjaan sehari-hari Anda, tetapi juga merupakan solusi yang murah meriah.

Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Brightside.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menenangkan mata yang terbakar

Menuangkan dan membilas mata dengan susu pada awalnya mungkin tampak tidak nyata, tetapi ini dapat menenangkan mata yang teriritasi.

Dua hal paling umum yang dapat menyakiti mata Anda adalah cabai dan semprotan merica. Keduanya bisa menyebabkan sensasi terbakar, tetapi mencoba mencucinya dengan air bisa membuatnya semakin perih.Gunakan susu sebagai gantinya.

Pertama, basuh wajah Anda dengan susu, dengan mata tertutup. Selanjutnya, Anda bisa membilas mata dengan susu.

 

3 dari 8 halaman

2. Menjadi pupuk

Susu digunakan sebagai pupuk di masa lalu dan ada beberapa alasan bagus. Pertama, ini membantu pertumbuhan tanaman. Selanjutnya, ini mencegah kekurangan kalsium dan melawan embun tepung. Mungkin juga mencegah tanaman sakit.

Tuang susu di sekitar pangkal tanaman agar akarnya perlahan menyerap atau letakkan botol berisi susu (terbalik) di tanah. Namun, ingatlah bahwa Anda tidak boleh mencampurkan susu dengan pupuk lain. Jika bahan kimia tersebut bercampur dengan susu, mereka sebenarnya dapat menangkal manfaat susu.

 

4 dari 8 halaman

3. Meluruskan rambut dengan susu

Menggunakan susu pada rambut Anda tidak hanya akan membantunya tumbuh dan membuatnya berkilau dan lebih kuat, tetapi juga membantu meluruskannya. Anda hanya membutuhkan sisir, botol semprot, dan 1/3 cangkir susu.

Setelah Anda mengisi botol, mulailah menyemprot, memijat, dan menyisir rambut Anda. Beri waktu pada rambut Anda untuk menyerap susu lalu bilas agar tidak bau di kemudian hari. Ini bisa membantu meluruskan rambut bergelombang, tetapi tidak bisa membantu Anda meluruskan rambut keriting.

 

5 dari 8 halaman

4. Anda bisa membuat cat dengan susu

Susu merupakan bahan utama pembuatan cat karena berfungsi sebagai pengikat pigmen. Faktanya, cat susu digunakan di Mesir kuno. Bahan lain yang Anda butuhkan untuk membuat cat jenis ini adalah lemon, saringan, kain katun tipis, dan cat akrilik atau pigmen kering.

Pastikan Anda menerapkannya dengan cepat agar tidak rusak. Bau asam dari dinding akan hilang setelah mengering.

 

6 dari 8 halaman

5. Menghilangkan riasan

Susu tidak hanya baik untuk rambut kita, tapi juga untuk kulit kita. Jadi, alih-alih menggunakan produk kimia untuk menghilangkan riasan, gunakan susu.

Oleskan sedikit susu ke wajah Anda lalu bersihkan dengan bola kapas atau waslap. Manfaat tambahannya adalah protein dan lemak dalam susu dapat membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan membantunya mempertahankan kelembapan.

 

7 dari 8 halaman

6. Mengurangi peradangan gigitan serangga

Protein dalam susu akan membantu menenangkan kulit setelah digigit nyamuk. Tapi jangan hanya menggunakan susu.

Campur dengan air, rendam sapu tangan, dan oleskan ke kulit yang meradang. Campuran susu yang sama juga bisa digunakan untuk luka bakar akibat sinar matahari.

 

8 dari 8 halaman

7. Gunakan susu untuk membersihkan benda dari kulit

Baik Anda perlu membersihkan tas kulit, sofa, atau sepatu, susu dapat membantu Anda menghilangkan noda dan lecet. Ini bagus karena tidak hanya solusi yang murah, tetapi juga tidak menghilangkan minyak alami pada bahan.

Namun, setelah Anda menyeka noda pastikan Anda membersihkan area tersebut dengan kain yang berbeda untuk menghilangkan sisa susu dan menghindari bau busuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.