Sukses

Cegah Kerutan hingga Atasi Jerawat, 5 Manfaat Masker Pisang untuk Kulit Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat dan kalium. Lebih dari itu, pisang bukan hanya sekadar dapat dikonsumsi. Pisang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, seperti perawatan rambut hingga kulit. Salah satunya dengan menjadikan pisang sebagai masker wajah.

Pisang dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Kandungan dan nutrisi dalam pisang mampu memperbaiki kerusakan kulit pada wajah. Dilansir dari Healthline, Sabtu (27/2) berikut 5 manfaat masker pisang untuk kulit wajah Anda.

2 dari 7 halaman

Mencegah Kerutan

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan kehilangan kolagen secara alami. Kehilangan kolagen menyebabkan kulit menjadi kendur. Selain itu, kolagen yang berkurang dapat menambah munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Kandungan silika pada pisang dipercaya dapat membantu meningkatkan kolagen pada kulit wajah sehingga mengurangi munculnya kerutan.

 

 

3 dari 7 halaman

Mencerahkan Kulit

Pisang kaya akan kandungan antioksidan yang mampu membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang menyerap ke kulit Anda dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, hal ini juga dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

 

4 dari 7 halaman

Mengobati Jerawat

Meskipun pisang tak memiliki kandungan yang bisa menghilangkan jerawat, seperti benzoyl peroxide atau asam salisilat, pisang dianggap mampu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Hal ini karena kandungan vitamin A dan fenolat pada pisang mengandung antimikroba yang dapat mengobati jerawat.

 

 

5 dari 7 halaman

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Masker pisang memang tak bisa menggantikan tabir surya yang Anda gunakan setiap hari, tetapi pisang mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan kulit Anda untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, C, dan E.

 

 

6 dari 7 halaman

Menghilangkan Bekas Jerawat

Kandungan vitamin A dan C pada pisang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Hal ini tentu bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dan bintik hitam akibat sinar matahari pada kulit wajah Anda.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: