Sukses

Viral Aksi Bapak-Bapak Cuci Piring Pakai Serbuk Kayu, Warganet: Piringnya Tayamum

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya pengguna jejaring sosial dibuat heran dengan munculnya sebuah video viral yang memperlihatkan bapak-bapak kompak mencuci piring menggunakan serbuk kayu.

Rupanya, di beberapa daerah masih ada cara unik dan nyeleneh dalam mencuci piring. Seperti yang terjadi dalam video berdurasi kurang dari satu menit yang diunggah oleh akun TikTok @uci_ocim, Jumat (26/2/2021).

Dalam unggahannya terlihat sekumpulan bapak-bapak yang menggunakan seragam berwarna merah sedang mencuci piring. Bapak-bapak tersebut tampak kompak dan cekatan untuk menyelesaikan pekerjaan mencuci piring itu.

2 dari 4 halaman

Tak ada sabun dan air

Pembagian tugas dilakukan kepada masing-masing orang agar lebih mudah dan cepat. Mulai dari membuang sisa makanan hingga membilasnya dengan bersih.

Uniknya, tak ada sabun dan air untuk membilas piring-piring kotor tersebut. Mereka tampak menggunakan serbuk kayu untuk membersihkannya.

Meskipun begitu, piring-piring itu tampak bersih dan tak meninggalkan kotoran seperti telah menggunakan sabun dan dibilas dengan air.

Pemandangan tersebut sontak membuat sebagian warganet terkejut dan heran. Aksi sekumpulan bapak mencuci piring menggunakan serbuk kayu itu pun viral di media sosial.

Hingga kini, video tersebut telah ditonton lebih dari 9 juta kali dan disukai lebih dari 320 ribu pengguna TikTok. 

@uci_ocim

pernah denger tapi baru liat sekarang🤭😳

♬ original sound - imam sby
3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Hal itu lantas menuai berbagai macam reaksi dari warganet. Ada yang heran hingga menanyakan kebersihan piring tersebut. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa cara tersebut sudah ada sejak jaman dulu.

“Woi ah, masa piringnya tayamum,” tulis akun @R_sftr.

"Kalau di tempatku emang kalau hajatan cuci piring pakai bubuk kayak gitu mah udah turun temurun tradisi sunda, banten, rangkas bitung. Baru tau ya," kata akun @Mayawijaya82

"Yang lain salfok karena gapake air, lah gua salfok kenapa yang nyuci bapak-bapak bukan ema-emak. Terus itu sinoman ya? Kok nggak ada yang muda," sahut akun @Intana Putri.

"Waktu gue nikah pake itu juga nyucinya. Dikasih tau kakak gue, hemat air dan bersih katanya," komentar akun @Intan Rizky.

"Seumur-umur baru liat cara cuci nya kayak gini. Di kampungku pakai air dari keran terus selang, kalau nggak ya sumur," tulis akun @Afifah

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: