Sukses

5 Manfaat Bawang untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bawang bukan hanya sekadar penambah cita rasa pada makanan saja. Lebih dari itu, ada segudang manfaat bawang bagi kesehatan dan perawatan rambut yang belum banyak diketahui.

Rempah dengan aroma dan rasa yang khas ini memiliki senyawa khusus sehingga dapat membantu merawat kesehatan rambut. Para peneliti menemukan bahwa sifat antiinflamasi dan antimikroba pada bawang dapat menumbuhkan rambut dan terlihat sehat berkilau.

Kira-kira apa saja manfaat lain dari bawang untuk perawatan rambut? Berikut ulasannya dilansir dari Healthline, Sabtu (20/2/2021). 

 

 

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Sebuah studi tahun 2018 yang terbit dalam Journal of Drug Delivery and Therapeutics menemukan, bawang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sekitar 100 gram bawang dipotong kecil untuk diambil ekstraknya, lalu ditambahkan ke sampo alami. Setelah mengoleskannya selama 5 menit, sampo bawang terbukti memberikan lebih banyak nutrisi baik untuk folikel rambut, melembabkan rambut, dan meningkatkan pertumbuhan pada rambut.

Anda bisa membuat ekstrak bawang merah untuk ditambahkan ke sampo Anda sendiri di rumah. Untuk menghilangkan baunya yang menyengat, para peneliti menggunakan wewangian dengan sedikit jus lemon untuk menghilangkan baunya.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Mengembalikan rambut beruban

Meskipun tak ada bukti bahwa bawang dapat mengembalikan rambut beruban, banyak pengobatan rumahan yang menjanjikan ekstrak bawang dapat membantu mengurangi uban.

Pasalnya, bawang merah mengandung senyawa antioksidan atau disebut katalase yang mampu membantu mengurangi hidrogen peroksida di akar rambut. Hal ini dianggap dapat menjaga rambut agar tidak cepat beruban.

Anda dapat mencobanya dengan mencampurkan 3 sdt bawang yang sudah dihaluskan dengan 2sdt air lemon. Kemudian, oles, dan ratakan ke seluruh kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Lalu, bilas dan gunakan sampo untuk menghilangkan bau bawang. Anda dapat melakukannya tiga hingga empat kali dalam seminggu.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Melembabkan rambut kering dan rapuh

Bawang bombay mengandung banyak senyawa yang dapat membantu memperbaiki rambut kering dan rusak. Salah satunya flavonoid, seperti kampeferol dan quercetin. Sifat antiinflamasi, antioksidan, dan vasodilatasi di dalamnya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

 

 

 

5 dari 7 halaman

4. Menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal

Sifat antiinflamasi pada bawang bombay dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal. Anda bisa menggabungkan ekstrak bawang merah dengan bahan alami lainnya, seperti minyak zaitun, madu, dan jeruk nipis untuk menenangkan kulit kepala.

Anda dapat mengombinasikan dan mengoleskannya ke kulit kepala lalu mencucinya dengan sampo sekitar 20 hingga 30 menit.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Mengatasi ketombe

Tak sedikit orang yang mengalami ketombe karena jamur yang disebut malassezia furfur. Sifat antimikroba dan antijamur pada bawang merah dapat berguna sebagai pembasmi ketombe pada rambut.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: