Sukses

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Tahu Pasangan Selingkuh

Berikut deretan hal yang dapat Anda lakukan saat mengetahui pasangan telah berselingkuh.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat disangkal bahwa perselingkuhan dapat menghancurkan sebuah hubungan. Perselingkuhan bahkan merupakan salah satu masalah terbesar ​​yang bisa terjadi di antara pasangan.

Baik pria maupun wanita tak luput dari perselingkuhan. Umumnya hal ini terjadi karena berbagai alasan. Terlepas dari itu semua, mungkin banyak dari Anda yang pernah diselingkuhi oleh pasangan. Lantas apa hal yang Anda lakukan saat mengetahui bahwa pasangan selingkuh?

Dikutip dari Bride Side, Jumat (19/2/2021), berikut deretan hal yang dapat Anda lakukan saat mengetahui pasangan telah berselingkuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bicaralah dengan Pasangan Anda

Pertama, bicarakan dengan pasangan Anda. Minta mereka untuk jujur ​​dan jelaskan semuanya, lalu beri mereka kesempatan untuk berbagi sudut pandang mereka.

Ini tidak hanya tentang mempelajari apa yang sebenarnya terjadi, tetapi untuk melihat bagaimana mereka menanggapi situasi ini. Apakah mereka benar-benar menyesal dan putus asa?

Apakah mereka defensif dan sombong? Apakah mereka masih berbohong meskipun ada buktinya? Melihat bagaimana mereka bereaksi sangat penting, karena itu akan memberi tahu Anda banyak hal tentang pasangan.

3 dari 6 halaman

2. Pertimbangkan Hal Tersebut

Perselingkuhan dapat terjadi dalam berbagai cara, jadi penting untuk mempertimbangkan insiden itu sendiri. Jika Anda mengetahui bahwa pasangan Anda adalah seorang kompulsif atau penipu ulung, ini mungkin bukan orang yang membuat Anda merasa nyaman untuk membuat komitmen permanen dengannya.

Jika Anda mengetahui bahwa pasangan Anda memiliki hubungan cinta lain yang sudah berlangsung lama dengan orang lain, ini juga situasi yang sangat buruk.

4 dari 6 halaman

3. Lihatlah Hubungan sebagai Keseluruhan

Jika pasangan Anda memiliki sejarah panjang dalam berselingkuh atau tidak jujur, Anda perlu melihat dengan seksama mengapa Anda masih ingin melanjutkan hubungan dengannya.

5 dari 6 halaman

4. Pikirkan Apakah Hubungan Bisa Diperbaiki

Mungkin Anda perlu menyediakan waktu untuk merenungkan hubungan Anda. Menurut Anda, apakah itu bisa diperbaiki? Satu-satunya cara Anda bisa melewati ini adalah dengan mengatasi akar masalahnya. Anda harus memutuskan apakah menurut Anda itu opsi yang realistis.

Jika Anda memutuskan untuk tetap tinggal, terapi hubungan Aimee Hartstein, menyarankan untuk melihat opsi konseling pasangan, meskipun hanya untuk beberapa sesi.

"Penentu utama untuk membantu Anda memutuskan apakah hubungan atau bahkan pernikahan layak untuk diperjuangkan adalah seberapa keras pasangan Anda bersedia bekerja untuk menjaga hubungan," katanya.

"Semua orang membuat kesalahan dan penting bagi mereka untuk mengakui seberapa dalam perselingkuhan sebelum pernikahan (atau kapan saja) berdampak pada pasangan dan hubungan mereka. Jika mereka menganggap bahwa Anda bereaksi berlebihan, itu bukan pertanda baik. Namun jika mereka bersedia untuk terus berdiskusi dan mungkin meminta bantuan terapis, itu pertanda lebih baik,” tambahnya.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Takut untuk Pergi

Jika Anda merasa tak dapat memaafakan pasangan dan hubungan tak dapat diperbaiki lagi mengakhiri hubungan dan pergi darinya adalah keputusan yang tepat.

Mungkin hal ini adalah hal tersulit untuk dilakukan, tapi ini harus Anda lakukan untuk menyembuhkan luka di hati Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.