Sukses

Viral Kotak Amal Berbentuk Keranda Mayat, Warganet: Auto Sedekah

Sebuah video viral memperlihatkan kotak amal memiliki bentuk unik, yakni berbentuk keranda mayat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video memperlihatkan bentuk kotak amal yang unik di suatu masjid menjadi viral di media sosial. Kotak amal tersebut berhasil mencuri perhatian warganet karena bentuknya menyerupai keranda mayat.

Kehadiran kotak amal di sebuah masjid tentu menjadi hal yang wajar. Umumnya, kotak amal akan di letakkan di bagian depan masjid.

Namun, ada pula kotak amal yang terletak di bagian dalam ataupun tersimpan dan hanya dikeluarkan pada saat-saat tertentu saja.

Biasanya kotak amal memiliki desain yang hampir sama, yakni berbentuk kotak dengan warna cokelat atau pun hijau. Namun, berbeda dengan kotak amal satu ini.

Video yang diunggah akun TikTok @lagi.dijalan ini memperlihatkan kotak amal dengan bentuk keranda mayat yang membuat warganet terkejut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk kotak amal seperti keranda mayat mini

Dalam videonya, terlihat beberapa orang sedang menunggu khutbah Jumat di dalam masjid. Kemudian, nampak pula seorang bocah dengan seragam sekolah berwarna hijau sedang mendorong kotak amal itu untuk diberikan ke jamaah lainnya.

Bentuk kotak amal itu terbilang cukup unik, karena tidak seperti pada umumnya. Kotak amal berbentuk memanjang berwarna hijau dan bertuliskan kalimat hauqolah di bagian sisinya.

Selain itu, kotak amal tersebut juga memiliki pegangan besi serta roda di bagian bawahnya sehingga mudah untuk digeser.

3 dari 3 halaman

Respons Warganet

Video kotak amal berbentuk keranda mayat itu lantas viral dan menjadi perbincangan warganet. Hingga Sabtu (31/1/2021), video tersebut telah ditonton lebih dari 850 ribu dan disukai lebih dari 70 ribu pengguna TikTok.

Tak sedikit warganet yang menilai bentuk kotak amal itu mengingatkan setiap orang pada kematian dan sedekah jariyah.

"Benar-benar pengingat bahwa sedekah jariyah tidak akan terputus amalannya walau keranda mayat mengantar kita kubur," tulis Elisa.

"Pasti langsung sedekah tuh, jadi keinget mati," tulis Afwbowi63

"Inspirasi, tadinya Rp1000 jadi Rp100.000," tulis calandrarafello

"Jadi pengen banyak sedekah, semoga diberi rezeki banyak aamiin," tulis paris

"Itu buat ngingetin biar rajin sedekah, karena inget mati. Sungguh impresif idenya," tulis aisahhnrr1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.