Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Kacang Pinus Bagi Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Kacang pinus menjadi salah satu spesies pinus yang paling bergizi. Ini adalah biji buah pohon pinus yang bisa dimakan dan memiliki rasa manis.

Karena memiliki tekstur mentega dan rendah kalori, kacang pinus menjadi camilan sehat terbaik yang cocok bagi pengidap diabetes atau individu yang tengah diet.

Selain itu, kacang pinus nyatanya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh karena dikemas dengan kandungan kalium, kalsium, seng, besi, selenium dan lainnya.

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat dari kacang pinus? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (12/1/2021). 

1. Mengontrol Diabetes   

 

Diabetes dikaitkan dengan peningkatan stres oksidatif dalam tubuh. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang pinus secara rutin bisa meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan glukosa darah puasa dengan mengurangi kerusakan oksidatif pada hati.

2 dari 6 halaman

2. Cegah Penyakit Jantung

Menurut sebuah penelitian, kacang-kacangan seperti kacang pinus bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner. Ini karena kacang pinus kaya akan folat, magnesium, vitamin E, arginin, kalium bersama dengan polifenol dan lemak sehat.

3 dari 6 halaman

3. Turunkan Berat Badan

 

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa asam ellagic, polifenol alami dalam kacang-kacangan efektif dalam mengurangi obesitas dan komplikasi terkait seperti diabetes tipe 2 dan penyakit hati berlemak. 

Karena kacang pinus kaya asam ellagic, dengan mengkonsumsinya bisa membantu mengurangi jaringan adiposa dan mengatasi obesitas secara efektif.

4 dari 6 halaman

4. Tingkatkan Imunitas

 

Kandungan mineral yang tinggi seperti mangan, kalium, kalsium, seng, zat besi dan selenium pada kacang pinus bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif. 

Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan dengan meningkatkan jumlah sel darah putih yang pada gilirannya membantu melawan pathogen dan memperkuat kekebalan.

5 dari 6 halaman

5. Cegah Penuaan Dini

 

Penuaan adalah faktor risiko utama penyakit kronis, terutama karena peradangan kronis dan kerusakan oksidatif. 

Karena kacang pinus sangat kaya akan senyawa antioksidan, mereka bisa membantu meningkatkan fungsi endotel dan mengurangi penanda inflamasi sehingga bisa mengurangi faktor penuaan.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: