Sukses

Unik, Keluarga Ini Buat Pohon Es Setiap Natal Selama Lebih dari 60 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara individu turut memeriahkan perayaan Natal. Ada yang menghias rumah dengan berbagai dekorasi unik dan menarik, menghias pohon Natal dan lain sebagainya.

Satu keluarga di Indianapolis memiliki tradisi unik dalam merayakan Natal. Setiap tahunnya sejak tahun 1961, keluarga Veal merayakan Natal dengan membuat pohon es raksasa di rumah mereka di Indianapolis, Indiana.

Pohon es tersebut telah dikenal dengan sebutan Pohon Es Veal atau Veal Ice Tree dan dianggap sebagai objek wisata musiman di daerah setempat.

Pohon es ini sebenarnya merupakan pahatan es yang dibuat dengan memasang selang air ke rangka kayu, lalu air dinyalakan pada malam hari nantinya air tersebut akan membeku membentuk pahatan es tersebut.

2 dari 4 halaman

Dimulai Sejak Tahun 1961

Semuanya dimulai pada musim dingin tahun 1961, ketika Vierl G.Veal, seorang kreator pohon es sedang menyemprotkan kabut air ke bukit di bagian selatan rumahnya di Mimosa Lane, Indianapolis, untuk membuat seluncuran es di atas kolam.

Pada malam hari, angin kencang meniup semprotan ke semak-semak tanaman merambat dan mengubahnya menjadi pahatan beku. Dia dan istrinya Mabel sangat menyukai hasilnya sehingga mereka memutuskan untuk meniru efeknya dalam skala yang lebih besar. Dan begitulah cara Pohon Es Veal pertama dibuat.

3 dari 4 halaman

Dibuat Setiap Tahun

Vierl meninggal pada tahun 1970-an, tetapi pada saat itu pohon es telah menjadi daya tarik lokal yang populer sehingga keluarganya memutuskan untuk melanjutkan tradisi tersebut. Mereka lantas membuat “pohon” itu setiap tahun ketika cuaca memungkinkan dan mereka berencana untuk terus melakukannya untuk waktu yang lama.

Untuk membuat Pohon Es semakin menarik perhatian, keluarga Veal mencampur pewarna makanan bubuk dengan air dan menyemprotkan pewarna ke pohon es dengan penyemprot taman. 

Tidak ada biaya untuk melihat pohon itu, bahkan keluarga Veal mengundang orang untuk datang dan mengagumi kreasi mereka. Ini menjadi semacam daya tarik Indianapolis. Keluarga Veals pun terus membuat pohon es setiap tahun karena menyenangkan dan juga sebagai cara untuk menghormati pencipta aslinya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: