Sukses

Viral Video Mahasiswi Bikin Skripsi Seberat 12 Kg, Warganet: Bisa Buat Mukul Maling

Liputan6.com, Jakarta - Di penghujung semester, setiap mahasiswa akan bergulat menyusun skripsi atau tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Pada masa-masa itu, mereka akan mengalami rasa stres yang tinggi. 

Tak sedikit mahasiswa tingkat akhir yang mengalami kebuntuan saat mengerjakan skripsi. Mulai dari bingung menentukan tema skripsi hingga niat mengerjakan yang tak kunjung datang. 

Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 ini, pergerakan membuat penelitian pun semakin dibatasi sehingga berdampak pada sulitnya mencari topik.

Namun hal tersebut tak berlaku bagi seorang mahasiswa tingkat akhir ini. Meskipun termasuk lulusan di masa pandemi ini, tak memadamkan tekad kuatnya untuk memperoleh nilai yang memuaskan. Lewat unggahan akun Tiktok @jnrprsty dia memperlihatkan telah menghasilkan skripsi dengan ketebalan yang tak wajar.

2 dari 5 halaman

Tampilan Skripsinya

Mahasiswi lulusan jurusan fisika di Universitas Negeri Padang ini tak menyangka kumpulan tulisan-tulisannya akan menjadi skripsi yang tebalnya nyaris 1 box kertas hvs. 

Dari ketebalan saja, mengggambarkan betapa mahasiwi itu memperjuangkan gelar sarjana di tengah masa pandemi COVID-19. Meskipun akses yang serba terbatas, tak membuatnya patah semangat membuat buku skripsi yang beratnya hampir 12 kg. 

@jnrprsty

Sudah rekor MURI apa belum? ##fypdongggggggg ##fyp

♬ nella kharisma holiday - Bubu🐣
3 dari 5 halaman

Setara 5 Rim Lembar HVS

Dalam unggahan tersebut, dia menceritakan pengalamannya dalam mengirimkan buku raksasa itu kepada dosen pembimbing. Dia bekerja lebih ekstra dibandingkan teman-temannya yang hanya membutuhkan map agar skripsi segera dikoreksi. 

"Kasih ke dosen sudah tidak pakai map lagi, tetapi sekalian pakai kardus kertas hvs-nya," tulisnya di video tersebut. 

@jnrprsty

Balas @istitul_ Bisa bayanginlah ya bund berapa tinggi kotak HVS itu ##part3 ##fypdongggggggg ##masukfypdong ##fyp

♬ Hit It - Yung Skrrt
4 dari 5 halaman

Respon Warganet

Unggahan buku skripsi yang sangat tebal itu menyita perhatian warganet. Sebagian dari mereka dibuat keheranan dan mempertanyakan apa yang dia tulis hingga setebal itu karena menurut mereka menulis sebanyak itu merupakan bukanlan hal yang mudah.

"Buat mukul maling, auto ilang ingatan," tulis akun @Ueki.

"Skripsi atau catatan dosa2 tu hyung😭😭😭⚡️," sahut akun @Tugas Numpuk.

"Dosen langsung ACC gakuat mau koreksi 😭," ucap akun @Alunaja.

"Buat ganjelan untuk rem kereta api bisa banget tuh," ujar akun @Hery Mulyadi.

"Lihat skripsi berasa lihat dosa sendiri🤣🤣bawaannya pengen bilang istighfar," kata akun  @terserahl14h.

 

Penulis:

Ignatia Ivani 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: