Sukses

Seperti Neraka, Ilmuwan Temukan Planet yang Lautnya Terbuat dari Lava

Planet ini dihujani bebatuan dan lautnya terbuat dari lava cair

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan baru-baru ini menemukan planet yang sangat panas yang terletak beebrapa ratus tahun cahaya dari Bumi. Lautan di planet baru ini terbuat dari lava cair, anginnya mencapai kecepatan super sonik, dan hujannya terbuat dari bebatuan.

Para ilmuwan menyebut planet aneh ini sebagai salah satu yang paling ekstrem yang pernah ditemukan. Penemuan tersebut diterbitkan di the Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, Volume 499, Issue 4, oleh para ilmuwan dari McGill University, York University, dan the Indian Institute of Science Education.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ukuran mirip Bumi

Mengutip laporan CBS News, mereka menamai planet neraka tersebut Planet K2-141b. Ukurannya mirip dengan Bumi. Planet ini juga nampaknya memiliki permukaan, lautan, dan atmosfer yang semuanya terbuat dari bebatuan.

Planet K2-141b mengorbit bintangnya pada jarak yang sangat dengan matahari sehingga sebagian besar terdiri dari lautan lava yang mengalir. Selain itu, karena kedekatannya dengan Matahari, siang hari di planet itu selalu mengalami suhu yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Perbedaan suhu dua sisi planet

Pada siang hari, sekitar 66,6 % dari permukaannya mencapai suhu hingga 2900 derajat Celsius. Ini karena tarikan gravitasi Matahari yang mengunci planet di tempatnya.

Ini berarti, sisi yang sama selalu menghadap matahari. Sementara itu, sisi gelap permain planet ini sangat dingin. Dengan suhu terendah mencapai minus 165 derajat Celsius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.