Sukses

Jangan Diabaikan, 4 Perubahan Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan Serius

Berikut deretan perubahan pada tubuh yang bisa jadi tanda penyakit serius.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan pada tubuh memang hal yang lumrah dialami banyak individu. Namun, ada baiknya Anda tidak menyepelekan hal tersebut.

Pasalnya ada beberapa perubahan tubuh yang bisa menjadi tanda gangguan kesehatan.

Jika diabaikan hal itu dapat mengancam jiwa. Melansir dari Brightside, Jumat (2/10/2020), berikut deretan perubahan pada tubuh yang wajib kamu waspadai karena bisa jadi tanda penyakit serius.

1. Bibir pecah-pecah

Bagi banyak individu, kondisi ini sangat lumrah dan sering terjadi. Tak heran banyak yang lantas mengabaikannya. Pada bibir yang kering dan pecah-pecah bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin A, B dan juga E.

Tak hanya itu, jika Anda mengalami bibir serta kulit tubuh yang kering bisa jadi tanda gangguan pencernaan. Jika tak segera ke dokter kondisi ini dapat menjadi kombinasi gejala penyakit autoimun yang disebut sindrom Sjogren.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kuku rapuh

Ada baiknya mulai sekarang Anda rutin memperhatikan kondisi kuku Anda. Setiap perubahan dalam warna atau struktur kuku dapat menjadi tanda gangguan kesehatan yang Anda alami.

Jika Anda mendapati kuku yang tipis dan pucat bisa jadi tanda bahwa Anda telah kekurangan zat besi dan mengalami Anemia.

Sementara itu, jika kuku menguning bisa jadi tanda Anda mengalami gangguan hati dan saluran lambung atau infeksi jamur.

Tak hanya itu, bintik-bintik dan garis-garis putih pada kuku juga menandakan kurangnya yodium. Kuku juga bisa sangat rapuh jika kekurangan vitamin, kalsium, zat besi, dan beta-karoten dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

3. Rambut rontok

Umumnya seseorang mengalami kerontokan rambut sekitar 100 helai setiap harinya. Namun, jika Anda mendapati rambut Anda rontok lebih banyak dari itu setiap harinya ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Rambut rontok bisa bisa jadi gejala berbagai macam penyakit serius seperti gangguan tiroid, gangguan autoimun, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

4. Kulit tubuh kering

Banyak individu yang mengalami kulit kering dan dapat mengatasinya dengan pelembap serta minum banyak air putih.

Namun, jika cara ini tak berhasil mengatasi kulit kering yang dialami ada baiknya Anda periksa ke dokter. Pasalnya kulit yang sangat kering merupakan salah satu tanda umum diabetes dan hipotiroidisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.