Sukses

Pengguna Android Wajib Waspada, Aplikasi TikTok Palsu Bisa Curi Data Anda

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi TikTok kini tengah booming di kalangan pengguna jejaring sosial. Karena memiliki banyak fitur yang menarik, tak heran jika aplikasi ini digunakan segala kalangan, baik muda maupun tua.

Namun, Anda, khususnya bagi para pengguna Andorid, kini perlu lebih waspada jika ingin menginstal aplikasi TikTok. Baru-baru ini ditemukan aplikasi TikTok palsu bernama 'TikTok Pro' yang berisi spyware atau pengintai berbahaya.

Dalam sebuah blog tentang aplikasi tersebut--peneliti dari perusahaan keamanan ZScaler, Shivang Desai-- menjelaskan bahwa setelah instalasi selesai, spyware tersebut menampilkan dirinya sebagai TikTok menggunakan nama TikTok Pro.

“Segera setelah pengguna mencoba membuka aplikasi, spyware akan memberikan notifikasi palsu dan ikon aplikasi menghilang," Desai menuturkan sebagaimana dilansir Mirror, Senin (14/9/2020).

 

2 dari 5 halaman

Gunakan taktik notifikasi palsu

Desai memaparkan, taktik notifikasi palsu ini digunakan untuk mengarahkan perhatian pengguna, sementara aplikasi menyembunyikan dirinya sendiri, sehingga membuat pengguna yakin bahwa ada yang tak beres dengan aplikasi tersebut.

"Yang mengkhawatirkan, setelah diinstal, aplikasi TikTok palsu tersebut dapat melakukan sejumlah tindakan berbahaya," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Mencuri Pesan SMS atau Memantau Lokasi

Tindakan itu termasuk mencuri pesan SMS, mengirim pesan SMS, memantau lokasi/keberadaan kamu, mengambil foto, menelepon tanpa izin, dan mencuri kredensial akun Facebook.

Desai memaparkan karena sifat perangkat seluler yang ada di mana-mana dan penggunaan Android yang meluas, sangat mudah bagi penyerang untuk menjadikan pengguna Android sebagai korban.

"Dalam situasi seperti itu, pengguna seluler harus selalu berhati-hati saat mengunduh aplikasi apa pun dari internet. Sangat mudah untuk mengelabui korban agar tertipu oleh serangan semacam itu," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Tips Pencegahan

Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti mengimbau pengguna untuk selalu waspada terhadap aplikasi yang mereka instal.

Pastikan kamu hanya menginstal aplikasi dari Google Play Store, dan tidak pernah mengklik link tidak dikenal yang diterima melalui iklan, pesan SMS, atau email.

Desai menambahkan, jika pengguna menemukan aplikasi yang menyembunyikan ikonnya, selalu coba cari aplikasi tersebut di pengaturan perangkat.

"Caranya dengan membuka Pengaturan -> Aplikasi -> Cari untuk ikon yang tersembunyi. Dalam kasus spyware ini, cari aplikasi bernama TikTok Pro,” tutupnya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: