Sukses

Deretan Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan Tubuh

Terapi lintah atau hirudoterapi memang sudah lama diterapkan sejak berabad-abad lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar kata lintah sering kali membuat dahi kita beerkerut. Hewan penghisap darah tersebut mungkin bukan menjadi hewan yang bersahabat bagi banyak individu. Meski terlihat menggelikan lintah juga punya manfaat untuk tubuh manusia.

Terapi lintah atau hirudoterapi memang sudah lama diterapkan sejak berabad-abad lalu. Namun, sampai sekarang ini terapi lintah masih dilakukan.

Air liur yang dihasilkan oleh lintah mengandung pengencer darah alami yang dapat mencegah dan menyembuhkan pembekuan darah. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah serta hiperalgesia atau meningkatkan kepekaan terhadap rasa sakit dalam jaringan ikat.

Sejumlah ahli kesehatan pun mengatakan bahwa terapi lintah mampu mempercepat penyembuhan pasca operasi sebab air liur lintah membantu dalam menipiskan pembuluh darah yang kemudian mampu menurunkan kemungkinan adanya kongesti vena yang terkait dengan cedera traumatis atau bedah rekonstruksi yang bisa menciptakan edema, kematian sel, atau memperlambat aliran darah.

"Air lintah mengandung senyawa yang disebut dengan ghilanten yang mampu menekan pertumbuhan beberapa jenis tumor. Bersama dengan senyawa lainnya yang disebut dengan peptida, maka air liur lintah memiliki karakteristik sebagai anti kanker," tulis penelitian seperti dilansir dari Boldsky. 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengobati lebam dan sariawan pada mulut

Sebuah video yang diunggah akun TikTok @dinata79, menunjukkan bagaimana dirinya tengah melakukan terapi dengan metode lintah. Dalam video itu menjelaskan perempuan tersebut megalami kecelakaan sepeda motor yang mengakibatkan lebam pada wajah.

Dalam video berdurasi 59 menit itu menunjukan hasil dari penyembuhan mata yang lebam sebelum dan setelah menjalani terapi lintah. 

@dinata79

i lintah menjijikan tapi dibalik itu ada hal yg luar biasa subhanallah Allahhuakbar

♬ original sound - Mukhamad Roydinata

Selain menyembuhkan lebam di wajah, akun tersebut juga membagikan video lainnya yang menunjukkan manfaat terapi lintah untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh lainnya.

@dinata79

penahanan sariawan parah pda mulut dgn terapi lintah gaysss

♬ original sound - Mukhamad Roydinata

3 dari 5 halaman

Mengobati kelenjar getah bening

@dinata79

leechtherapy kelenjar getah bening

♬ original sound - Gusman ade
4 dari 5 halaman

Tumor di kaki

@dinata79

leechtherapy tumor di kaki

♬ Peyar ki ek kahani - farzanaislam5
5 dari 5 halaman

Kelenjar tiroid

@dinata79

kelenjar tiroid

♬ original sound - green.rabbit

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini