Sukses

4 Bentuk Dukungan Ini Bisa Anda Berikan pada Orang Terdekat yang Terinfeksi Covid

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sulit untuk mengetahui cara membantu orang tersayang yang virus corona jika Anda tidak dapat mengunjungi mereka atau berada dekat secara fisik. Jika orang yang Anda cintai juga memiliki penyakit mental seperti kecemasan atau depresi, mereka mungkin lebih rentan terhadap efek isolasi sosial.

Menjangkau mereka dan menemukan cara untuk tetap terhubung, dapat membantu mereka untuk tetap sehat secara mental saat mereka sembuh secara fisik. Ada beberapa cara agar Anda dapat membantu seseorang yang terkena virus corona tanpa membahayakan diri sendiri. 

Dilansir dari verywellmind.com, di bawah ini adalah beberapa ide untuk membantu seseorang yang hidup dengan virus corona (atau secara aktif menghindarinya) sambil tetap aman.

2 dari 6 halaman

1. Menelpon

Mungkin langkah pertama yang paling mudah adalah menghubungi langsung dan menelepon untuk mengetahui kabar orang tersebut. Anda mungkin ingin tetap berhubungan lebih sering dari biasanya, untuk tetap berhubungan, dan mencegah orang tersebut merasa terisolasi.

Jika Anda telah melakukan beberapa panggilan telepon yang tidak juga dibalas dan Anda benar-benar mengkhawatirkan keselamatan teman atau orang yang Anda cintai, Anda dapat mempertimbangkan untuk menelepon bantuan darurat untuk memeriksanya.

3 dari 6 halaman

2. Dengarkan dan tawarkan bantuan

Jika teman atau orang yang Anda cintai memang berbicara dengan Anda melalui telepon, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendengarkan. Hanya berada di sana untuk mendengarkan dan menawarkan dukungan bisa menjadi hal terpenting yang Anda lakukan selama ini.

Bisa jadi orang tersebut kewalahan secara mental, dan tidak dapat memikirkan apa yang mereka butuhkan saat ini atau takut menjadi beban bagi Anda.

4 dari 6 halaman

3. Tetap terhubung di Media Sosial

Jika teman atau orang terkasih Anda menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Snapchat, usahakan agar tetap berhubungan dengan mereka dengan berbagi foto atau memberikan dukungan tentang kondisi mereka.

Seseorang yang sudah dikarantina atau diisolasi karena virus corona tidak perlu diberi tahu untuk "tetap di rumah." Orang itu akan membutuhkan hubungan sosial dan dukungan lebih dari apa pun pada saat ini.

5 dari 6 halaman

4. Beri mereka rutinitas

Memiliki rutinitas harian yang teratur selama isolasi atau karantina kemungkinan akan membantu kesehatan mental dan suasana hati orang tersebut.

Tidur yang cukup, olahraga teratur, dan tidur pada jam tertentu setiap malam sama pentingnya selama isolasi seperti pada waktu-waktu lainnya.

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini: