Sukses

Sepi Pengunjung Gara-Gara Pandemi, Hotel Mewah di India Banting Setir Jadi Peternakan Ikan

Karena tak ada pengunjung yang datang, hotel mewah ini menjadikan kolam renangnya sebagai tempat budidaya ikan

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bidang usaha paling terhantam akibat pandemi virus Corona adalah usaha hotel dan roser. Pandemi membuat orang-orang takut bepergian sehingga banyak penginapan di tempat wisata yang kosong.

Sebuah resor mewah di selatan India bahkan banting setir mengubah kolam renang mereka menjadi tempat peternakan ikan. Melansir dari Telegraph India, hal itu dilakukan demi menyelamatkan usahanya yang terancam tutup di tengah krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi. Sebelumnya, resor mewah ini dipadati oleh wisatawan internasional yang mayoritas berasal dari Eropa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolam renang jadi tempat budidaya ikan

Sejak hotelnya sangat sepi bahkan sampai tak ada tamu yang datang, Aveda Resort mengubah kolam renang mereka yang luas menjadi rumah ribuan ikan jenis bintik mutiara. Pihak hotel tersebut berencana untuk memanen ikan setelah musim panas dan menjualnya ke pasar luar negeri, sebagai bahan hidangan makanan.

"Pendapatan kami nol.  Jadi pada bulan Juni, kami menempatkan sekitar 16 ribu ikan bintik mutiara berumur dua bulan di kolam renang kami," ucap manajer umum Aveda, Jyotish Surendran, kepada AFP.

Ikan yang butuh waktu sekitar delapan bulan untuk mencapai ukuran maksimal itu merupakan bahan makanan yang populer dalam hidangan di India dan Timur Tengah.

"Kami berencana memanen pada November nanti dan akan mengekspor ke Timur Tengah," lanjut Surendran.

3 dari 4 halaman

Belum menutupi kerugian hotel

Menurut Surendran, sekitar empat ton ikan bintik mutiara yang diternakkan di kolam renang resornya bisa bernilai 40 ribu dolar AS atau sekitar Rp585 juta. Namun, ia mengatakan bahwa pendapatan yang didapat dari peternakan ikan itu tetap belum menutupi kerugian yang dialami Aveda Resort selama pandemi.

Meski begitu, Surendran berharap uang itu bisa membantu menutupi tagihan pokok, sehingga bisnis bisa terus berjalan sampai turis datang kembali nanti. Selain itu, pihak Aveda berencana untuk tetap beternak ikan, bahkan saat hotel mulai beroperasi kembali nantinya.

4 dari 4 halaman

Sepi pengunjung meski lockdown dicabut

"Tentu kami tidak bisa melanjutkan peternakan di kolam renang, tapi kami akan mencoba mencari lahan alternatif agar kami bisa membangun proyek lain yang lebih besar," tutup Surendran.

Aveda Resort sempat ditutup pada Maret lalu ketika dimulainya masa lockdown di India. Hanya beberapa hotel yang diizinkan beroperasi sejak saat itu. Namun saat lockdown dicabut pada Juni kemarin, sejumlah hotel dan resor masih tetap sepi pengunjung termasuk Aveda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.