Sukses

Campurkan 6 Bahan Alami Ini pada Minuman Anda dan Rasakan Khasiatnya

Berikut 6 bahan alami yang dapat membuat minuman kamu menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta Tuntutan pekerjaan yang kini dialihkan ke sistem virtual, semakin membuat tubuh merasa kelelahan dan mata kering. Untuk menjaga stamina agar tetap kuat, ada baiknya Anda ditemani minuman segar sekaligus menyehatkan.

Terlebih lagi, di masa-masa pandemi ini cocok bagi Anda untuk memulai gaya hidup sehat. Biasanya, di jam-jam istirahat kantor Anda meminum kopi ataupun boba, mulai kini cobalah ganti minuman dengan campuran bahan-bahan alami pada minuman Anda.

Meminum air putih secara rutin sudah cukup menyehatkan bagi tubuh Anda. Terkadang, kita enggan minum air putih tanpa rasa, tetapi tambahan bahan ini mampu berikan kesegaran bagi tubuh.

Seperti campuran garam, bawang putih, kayu manis, mentimun, dan rosemary dipercaya dapat mendetoks bakteri-bakteri pada tubuh Anda. Berikut bahan-bahan alami yang menyimpan banyak nutrisi bagi tubuh, dilansir dari Brightside:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Air dengan garam tidak beryodium

Penambahan garam pada air putih akan memberikan rasa asin. Nantinya, ini berguna untuk membersihkan usus besar dan mengobati sembelit kronis Anda. Jika Anda memberikan takaran garam yang tepat, khasiat pun bisa dapat dirasakan. Jadi penting bagi Anda memperhatikan jumlah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Yang Anda perlu lakukan, campurkan 2 sdt garam laut non-yodium ke dalam 4 gelas air hangat. Untuk menambah citra rasa, Anda bisa juga menambahkan sedikit perasan air lemon. Minumlah dalam kondisi perut kosong

Kandungan sodium dalam minuman tersebut membantu Anda menjaga fungsi saraf, otot, dan tekanan darah. Dan sangat cocok bagi Anda yang mengalami buang air besar tidak teratur.

3 dari 7 halaman

2. Air dengan bawang putih

Jika Anda tidak suka makan bawang putih secara langsung, mencampurkannya pada air putih perlu dicoba. Kandungan belerang dalam bawang butih berkhasiat menurunkan tekanan darah, memerangi penyakit, serta mendetoksifikasi logam berat pada tubuh Anda.

Anda membutuhkan 2 siung bawang putih yang diiris maupun dicincang. Jangan langsung menuangkannya pada air, Anda perlu menunggu selama 10 menit. Lalu, tuangkan pada 500 ml air. Diamkan selama 2 jam baru Anda bisa meminumnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Air dengan apel dan kayu manis

Bagi Anda yang tengah menurunkan berat badan, kombinasi air dengan apel dan kayu manis cocok bagi Anda. Pasalnya, keduanya berperan untuk meningkatkan metabolisme. Di samping itu, kandungan kayu manis bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit diabetes.

Perpaduan keduanya memberikan kandungan antioksidan yang penting bagi makanan Anda. Langkah pertama, Anda perlu mengiris 2 buah apel dan meletakkanya ke dalam wadah bersamaan dengan 2 batang kayu manis. Lalu, tempatkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam hingga bahan meresap.

5 dari 7 halaman

4. Air es mentimun

Air es mentimun sudah tidak perlu diragukan lagi kesegarannya. Keberadaan mentimun sudah pasti memberikan kenikmatan sendiri pada minuman Anda. Anda tak butuh lagi minuman berkarbonasi, gantikan dengan mentimun yang banyak mengandung antioksidan. Minuman rendah kalori ini hanya terdapat 34 kalori dalam 1 buah mentimun yang besar.

Cobalah Anda mengiris mentimun, variasikan bentuknya jadi kubus. Kemudian, bekukan potongan tersebut dalam freezer. Jika Anda merasa tubuh lebih, cukup tambahkan mentimun pada minuman Anda. Bisa juga Anda tambahkan lemon dan mint untuk memperkaya rasa.

6 dari 7 halaman

5. Air dengan lada hitam

Kandungan antioksidan dalam lada hitam mampu mencegah peradangan, penuaan dini, dan menghindari penyakit jantung. Lada hitam dipercaya sebagai bahan detoksifikasi bagi tubuh Anda. Masih banyak lagi manfaatnya yang dapat Anda rasakan, seperti menurunkan berat badan, Meningkatkan metabolisme gula dan menurunkan kadar kolesterol.

Bahan yang harus ada, setengah sendok makan merica hitam tumbuk, 1 sdm jahe parut, 1 sdm madu, 1 buah lemon, dan 2 gelas air. Tahapan yang perlu Anda perhatikan, mencampur merica dengan jahe parut dan aduk hingga rata. Kemudian rebus air dan tuangkan dalam gelas. Lalu ambil 1 sdm campuran tersebut ke dalam air. Setelah itu, tambahkan air lemon (optional). Terakhir, tunggu dan minum dalam keadaan hangat.

7 dari 7 halaman

6. Air dengan rosemary

Meski bentuknya kecil dan ramping, tetapi bahan ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan, daya ingat, dan imunitas dapat Anda rasakan. Baru-baru ini, rosemary dipercaya oleh ilmuwan berguna untuk perlindungan neurologis.

Bahan yang dibutuhkan, irisan lemon dan batang rosemary segar. Setelah kedua bahan ini disiapkan, tuang air ke dalam cangkir dan letakkan rosemary. Diamkan dan dinginkan minuman tersebut selama 2 jam atau bisa seharian. Akhirnya minuman ini siap diminum.

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.