Sukses

Kisah Perjuangan Bocah SD Nyambi Jualan Cilok Demi Menyambung Hidup

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang, khususnya orang dewasa yang mengeluh tentang kemiskinan, tapi mereka tidak berusaha melakukan apa-apa untuk mengubahnya.

Berbeda dengan orang-orang malas yang hanya menunggu belas kasih orang lain, seorang bocah laki-laki ini mencari uang tambahan untuk memenuhi kebutuhannya.

Baru-baru ini video seorang bocah yang tengah menjajakan dagangannya beredar hingga menjadi perbincangan viral di Instagram.

Video yang diunggah akun Instagram @thoric.idn menunjukkan perjuangan seorang bocah laki-laki bernama Darwin yang berjualan cilok menggunakan gerobak sepeda berukuran kecil.

"Karena keterbatasan ekonomi keluarga, membuat si kecil Darwin harus berjuang di tengah Kerasnya Kota Solo. Keliling, menjajakan Cilok," keterangan pada unggahan tersebut.

Bocah kelas 6 SD ini biasa menjajakan ciloknya di kawasan POM Baron, Penumping, Paragon hingga pasar Nongko.

2 dari 3 halaman

Bergantian Jualan dengan Ibunya

Menurut akun tersebut, Darwin bergantian jualan dengan ibunya. Biasanya bocah ini berjualan siang hari, sementara ibunya berkeliling dari sore hingga malam hari.

"Kalo sore - malam Ibundanya gantian yg jual Cilok, dan ayahnya pekerja cleaning service," lanjut akun @thoric.idn.

 
 
 
View this post on Instagram

Lelaki kecil ini bernama Darwin. Siswa kelas 1 SMP 24 Surakarta .... Ditengah pendemi Corona agar kita #dirumahsaja, rupanya tidak berlaku bagi si kecil ini.. Karena keterbatasan ekonomi keluarga, membuat si kecil Darwin harus berjuang di tengah Kerasnya Kota Solo.. Keliling, menjajakan Cilok. .... Hebat kau deek.. Tapi musti tetep hati hati.. waspada.. . Temen temen yg baik hati, jika ingin nglarisi lapaknya, ATAU MUNGKIN ADA REZEKI LEBIH AGAR SI KECIL DARWIN Lekas bisa ISTIRAHAT DIRUMAH... Temen-temen bisa merapat ke sekitar POM Baron kalo siang hari, terkadang pula keliling ke penumping, paragon sampai Pasar Nongko.. . . Monggo, semoga anda yg baik hati, bisa menjadi jalan Rezeki bagi sesama.. Dia juga saudara kita.. . . FYI: Rumah Darwin di Candi, Cemani, Belakang Kalurahan Cemani, Skh. Kalo sore - malam Ibundanya gantian yg jual Cilok Dan ayahnya pekerja Cleaning Service 🌷🌷🌷 _________ #solongangeni #masahmad #jelajahsolo #kelilingsolo #dolansolo #kabarsolo #exploresolo #kotasolo #halalsolo #penumping #visitsurakarta #agendasolo #infocegatansolo #pesonasolo #soloinfo #diskonsolo #kulinerdisolo #halalfood #berbagisemangat #pantangngemis #coronavirus

A post shared by Mas Ahmad Thoric (@thoric.idn) on

Akun itu juga mengajak warganet untuk berbagi rezeki agar Darwin bisa fokus belajar di rumah tanpa perlu berjualan.

"Temen temen yangg baik hati, jika ingin nglarisi lapaknya, ATAU MUNGKIN ADA REZEKI LEBIH AGAR SI KECIL DARWIN Lekas bisa ISTIRAHAT DIRUMAH. Monggo, bisa menjadi jalan Rezeki bagi sesama..Dia juga saudara kita," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet dan menuai beragam respons. Banyak dari mereka menanggapinya dengan pujian dan harapan baik untuk bocah tersebut. 

"Ya Allah Ya ŔAB, semoga Darwin selalu disehatkan badanya, kuatkan imanya, angkat derajatnya, muliakan hidupnya, dan wafatkan beliau dalam keadaan khusnul khotimah Aamiin. Darwin kamu pasti jadi org sukses," kata akun @sofikarimm.

"Slalu di lncarkan rezekiny de," tulis akun @nita_ali.

"Ma'an Najah dek, semoga slalu dalam lindunganNya, membawa keberkahan buat adek & keluarga, dan ini merupakan salah satu kunci menuju sukses adek kelak, semoga, aamiin ya Rabb," sahut akun @niaherta.

"Calon orang sukses," komentar akun @yulianyulio.

Hingga kini unggahan tersebut telah ditonton hingga lebih dari 82 ribu warganet.