Sukses

Pertanda Penyakit, Jangan Abaikan 7 Perubahan Ini pada Tubuh Anda

Liputan6.com, Jakarta Anda perlu mengetahui gejala-gejala penyakit yang terkadang luput dilihat dengan begitu saja. Perlunya mengetahui perubahan-perubahan ini dapat bermanfaat untuk mengetahui jika ada yang salah sehingga bisa mengunjungi dokter tepat waktu.

Berikut ini tanda-tanda perubahan pada tubuh yang tak boleh Anda abaikan seperti dilansir dari Brightside.

1. Bibir kering atau pecah-pecah

Kulit kering yang mengelupas adalah tanda alergi yang jelas. Dalam hal ini, perhatikan kosmetik yang digunakan serta produk kebersihan mulut, makanan yang dimakan, bahkan obat-obatan.

Peccah-pecah di sudut mulut menunjukkan kekurangan vitamin B, A, dan E. Jika Anda juga memiliki mata kering, mulut kering, dan masalah dengan sistem pencernaan, sebaiknya kunjungi dokter.

 

2 dari 8 halaman

2. Rambut alis rontok

Kehilangan rambut alis secara berkala adalah normal, tapi jika Anda melihat kerontokan yang berlebihan serta munculnya bintik-bintik botak atau keseluruhan alis, hubungi dokter. Ini bisa dihubungkan pada tingkat aktivitas tiroid yang berlebihan.

 

3 dari 8 halaman

3. Perubahan pada kuku

Setiap perubahan warna atau struktur pada kuku adalah sinyal yang mengkhawatirkan. Kuku tipis dan pucat bisa menjadi tanda anemia dan kekurangan zat besi, sementara menguning dapat menunjukkan gangguan hati dan saluran lambung atau infeksi jamur.

Bintik-bintik putih dan garis-garis menunjukkan kurangnya seng, tembaga, dan yodium. Kuku juga bisa menjadi sangat rapuh bila tubuh kekurangan vitamin, kalsium, zat besi, dan beta karoten.

 

4 dari 8 halaman

4. Tumit kering

Kulit pada kaki bisa menjadi kering karena kekurangan vitamin A dan E. Hal ini juga dapat disebabkan karena infeksi jamur. Jika kekeringan dan kekasaran tak hilang bahkan dengan perawatan yang tepat dan asupan vitamin yang cukup, ini bisa menjadi tanda gangguan endokrin.

 

5 dari 8 halaman

5. Kulit kering di tangan atau tubuh

Kulit kering adalah hal yang normal terjadi pada musim dingin. Jika kulit kering tak bisa mereda dengan krim pelembab, banyak minum air, dan mengonsumsi vitamin, Anda sebaiknya mengunjungi dokter.

Kulit kering juga dapat menjadi salah satu tanda umum diabetes dan hipotiroidisme. Jika kulit tak hanya kasar dan mengelupas tapi juga kencang dan penuh retakan, itu bisa jadi pertanda dermatitis.

 

6 dari 8 halaman

6. Rambut rontok

Jika Anda melihat kerontokan rambut yang tak wajar, Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter. Banyak penyakit bersembunyi di balik gejala ini. Itu bisa jadi pertanda infeksi kulit, kelainan tiroid, kelainan autoimun, dan lainnnya.

 

7 dari 8 halaman

7. Bercak putih di gigi

Fluorisis gigi adalah penyakit kronis yang berkembang sebelum tumbuh gigi atau sesudahnya. Ada 5 jenis klasifikasinya: dipertanyakan, sangat ringan, ringan, sedang, dan berat.

Tiga variasi pertama muncul dalam bentuk noda bercak putih, sementara dua yang terakhir menyebabkan pembusukan jaringan gigi dan gigi remuk.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: