Sukses

6 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan, Bisa Perkuat Imunitas

Liputan6.com, Jakarta - Beras menjadi makanan pokok bagi masyarakat, khususnya di Asia. Varietas beras yang paling populer adalah beras merah dan putih.

Namun, beras merah diklaim miliki nilai gizi yang tinggi dan memberikan berbagai manfaat kesehatan dibandingkan beras putih.

Beras merah memiliki kandungan vitamin B kompleks yang menjadi kunci terpenting dari proses berjalannya enzim- enzim dalam tubuh kita. Juga memiliki antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker. Serta dapat melancarkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air.

Nah, penasaan apa saja manfaat lainnya dari mengkonsumsi beras merah? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (12/7/2020).

1. Perkuat Imunitas

Beras merah kaya akan vitamin esensial, mineral dan senyawa fenolik yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan meningkatkan kemampuan untuk melawan infeksi.

2 dari 7 halaman

2. Kontrol Diabetes

Beras merah adalah makanan indeks glikemik rendah (GI) yang bisa membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat atau lambat makanan diserap dan seberapa banyak mereka meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan GI tinggi cepat dicerna dan diserap, menyebabkan kenaikan gula darah dan makanan GI rendah diserap perlahan dan tidak akan meningkatkan kadar gulamu.

Sebuah studi membandingkan efek penurun glukosa darah dari beras merah dan beras giling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beras merah memiliki jumlah tinggi serat makanan, asam fitat, polifenol dan minyak yang membuatnya bermanfaat bagi pasien diabetes daripada beras giling.

3 dari 7 halaman

3. Mendukung Fungsi Sistem Saraf

Beras meras bisa membantu berfungsinya sistem saraf dengan baik karena adanya zat besi di dalamnya.

Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk fungsi saraf yang tepat, ini juga bisa mencegah penyakit otak.

4 dari 7 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Beras merah mengandung serat dan senyawa tanaman yang disebut lignan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah meningkatkan fungsi kardiovaskular dan metabolisme. Juga, penelitian lain menunjukkan bahwa makan biji-bijian bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

5 dari 7 halaman

5. Menurunkan Berat Badan

Beras merah mengandung serat baik. Konsumsi serat makanan membantu menjaga perutmu kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah mengidam makanan yang tak diinginkan. Ini membantu dalam menurunkan berat badan karena serat adalah penekan nafsu makan alami.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih banyak biji-bijian memiliki berat badan normal dibandingkan dengan wanita yang makan lebih sedikit biji-bijian.

6 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Beras merah mengandung kalsium dalam jumlah yang baik, mineral penting yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

Kalsium mencegah risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: