Sukses

7 Manfaat Menakjubkan Sawo untuk Kesehatan, Rambut dan Kulit

Liputan6.com, Jakarta - Sawo menjadi salah satu buah yang memiliki rasa unik dan arpma khas. Tak heran jika banyak individu menyukai buah cokelat ini.

Selain rasanya yang lezat, sawo juga dikenal sebagai buah yang kaya kalori, antioksidan, mineral dan vitamin. Untuk itu, ada banyak manfaat kesehatan, manfaat kulit dan rambut yang didapat dari mengkonsumsi sawo.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi sawo? Berikut ulasannya seperti melansir Boldsky, Rabu (1/7/2020). 

1. Memperlambat Penuaan Dini

Sawo mengandung antioksidan yang membuatnya menjadi agen anti-penuaan yang baik. Buah ini diklaim bisa melenyapkan radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab atas proses penuaan. 

Selain itu, buah ini juga baik untuk mengurangi timbulnya keriput.

 

2 dari 8 halaman

2. Membuat Kulit Cerah

Sawo mengandung kombinasi unik vitamin A dan C yang membantu dalam mempercantik kulit yang membuatnya bersinar alami. Vitamin E yang ada dalm buah ini juga bisa melembabkan kulit dari dalam.

Jadi, makan sawo setiap hari bisa mengurangi efek sejumlah produk perawatan kulit berbasis bahan kimia yang cenderung kamu gunakan setiap hari.

3 dari 8 halaman

3. Membuat Rambut Lembab dan Halus

Rambut yang lembab bisa dengan mudah diatur jika dibandingkan dengan rambut yang tidak sehat. Karena itu, minyak yang diekstrak dari biji sawo diklaim sangat bermanfaat digunakan pada rambut, khususnya rambut keriting.

Ada banyak individu yang menghindari penggunaan minyak karena akan membuat rambut mereka berminyak dan lengket. Berbeda dengan minyak lainnya, minyak ekstrak sawo ini tidak meninggalkan residu berminyak pada rambut, karena ia diserap cukup cepat.

4 dari 8 halaman

4. Menyehatkan Kulit Kepala

Minyak biji sawo diklaim bisa menyehatkan kulit kepala dan bagus untuk meringankan kondisi kulit yang teriritasi. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Rambut rontok disebabkan karena seborrheic dermatitis juga bisa diobati secara efektif dengan penggunaan minyak ini.

5 dari 8 halaman

5. Kesehatan Mata

Karena mengandung vitamin A, sawo dianggap baik untuk menjaga kesehatan mata. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A bisa meningkatkan penglihatan, bahkan saat usia tua.

6 dari 8 halaman

6. Meredakan Flu dan Batuk

Buah sawo baik untuk meredakan pilek dan batuk. Buah ini juga secara efektif bisa menghilangkan dahak dan lender dari saluran pernapasan dan saluran hidung.

7 dari 8 halaman

7. Masalah Pencernaan

Sawo mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi yang menjadikannya pencahar yang sangat baik. Jadi, jika kamu menghadapi masalah sembelit, maka mengkonsumsi sawo cukup membantu.

Buah ini mendukung membran usus besar dan juga membuatnya tahan terhadap infeksi.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: