Sukses

6 Manfaat Daun Talas Bagi Kesehatan, Bantu Perkuat Imun

Liputan6.com, Jakarta - Daun talas atau taro adalah tanaman tropis yang banyak ditanam di Asia Tenggara. Akar talas dan daunnya bisa dimasak untuk dikonsumsi.

Baik akar dan daunnya ternyata memiliki nilai gizi yang tinggi. Untuk itu, daun talas diklaim memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi daun talas? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (2/6/2020).

1. Mencegah Kanker 

 

 

Daun talas menjadi sumber vitamin C yang sangat baik, dan antioksidan yang larut dalam air. Vitamin ini memiliki efek antikanker kuat yang menghambat pertumbuhan tumor kanker dan menurunkan perkembangan proliferasi sel kanker.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi talas bisa menurunkan tingkat kanker usus besar. Namun, studi lain juga menunjukkan efektivitas talas dalam mengurangi sel kanker payudara.

2 dari 7 halaman

2. Tingkatkan Kesehatan Mata

 

Daun talas kaya akan vitamin A yang penting dalam menjaga matamu sehat, mempertahankan penglihatan yang baik dan mencegah degenerasi makula terkait usia, penyebab utama hilangnya penglihatan.

Vitamin A bekerja dengan memberikan vitamin pada mata untuk pencegahan katarak dan degenerasi makula. Ini memberikan penglihatan yang jelas dengan memperlihatkatkan kornea yang jelas.

3 dari 7 halaman

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

 

Karena daun talas mengandung vitamin C dalam jumlah yang signifikan, daun talas membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efisien. 

Beberapa sel, terutama sel-t dan fagosit sistem kekebalan memerlukan vitamin C untuk berfungsi dengan baik. Jika vitamin C rendah dalam tubuh, sistem kekebalan tidak mampu melawan pathogen.

4 dari 7 halaman

4. Membantu Pencernaan

 

Daun talas dikenal untuk membantu pencernaan dan mengobati masalah pencernaan karena adanya serat makanan yang membantu pencernaan makanan yang lebih baik dan penyerapan nutrisi.

Daunnya juga mendukung pertumbuhan mikroba menguntungkan seperti Escherichia coli dan Lactobacillus acidophilus yang hidup damai di usus, membantu pencernaan dan melawan mikroba berbahaya.

5 dari 7 halaman

5. Kurangi Peradangan

 

Daun talas mengandung fenol tanin, flavonoid, glikosida, sterol dan triterpenoid yang mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi peradangan kronis.

Ekstrak daun talas memiliki efek penghambatan yang signifikan pada histamin dan serotonin yang merupakan mediator preformed yang terlibat dalam fase awal proses inflamasi akut.

6 dari 7 halaman

6. Lindungi Sistem Saraf

 

Daun talas mengandung vitamin B6, tiamin, niasin dan riboflavin yang dikenal melindungi sistem saraf. Semua nutrisi membantu perkembangan otak janin yang tepat dan memperkuat sistem saraf.

Sebuah penelitian menunjukkan efek ekstrak hidroalkohol dari Colocasia esculenta pada gangguan kompulsif obesesif terkait dengan disfungsi sistem saraf pusat.

 

7 dari 7 halaman

Cara Mengkonsumsi Daun Talas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni bersihkan daunnya lalu masukkan ke dalam air mendidih. Rebus daun selama 10-15 menit. Kemudian tiriskan air dan kamu bisa langsung mengkonsumsi daun talas.