Sukses

Kucek Mata Usai Pakai Hand Sanitizer, Kornea Wanita Ini Meradang

Menggunakan hand sanitizer menjadi salah satu upaya yang banyak dilakukan individu untuk mencegar tertular Covid-19.

Liputan6.com, Taiwan - Untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19, masyarakat diminta untuk bekerja di rumah, menghindari pertemuan massal, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar.

Selain itu, menggunakan hand sanitizer menjadi salah satu upaya yang banyak dilakukan individu untuk mencegar tertular Covid-19. 

Namun, kecemasakan akan wabah tersebut membuat beberapa orang melakukannya berlebihan. Cara mejaga kebersihan yang berlebihan malah menyebabkan masalah kesehatan lain.

Kasus tersebut nyatanya dialami seorang wanita dari Taiwan. Wanita ini hampir merusak kornea matanya ketika dia secara tidak sengaja menggosok matanya dengan tangan yang masih basah usai disemprot sanitizer mengandung alkohol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Menggosok Mata

Menurut China Press, seperti melansir dari World of Buzz, Senin (16/3/2020), bahwa awalnya wanita bernama Zhuang mengatakan matanya kering dan dia memiliki kebiasaan buruk menggosok matanya.

Setelah menyemprot tangannya dengan sanitizer, dia tanpa sadar menggosok matanya tanpa menyadari bahwa tangannya masih basah.

Awalnya, dia tidak merasakan apa pun. Namun setelah beberapa waktu berlalu, dia mulai merasakan kesemuatan di matanya. Zhuang pun segera membilas matanya dengan air, namun setelah itu sakit di matanya tidak membaik.

 

3 dari 3 halaman

Kornea Matanya Meradang

Kondisi tersebut membuatnya bergegas memeriksakan matanya ke dokter. Setelah melakukan pemeriksaan, ternyata kornea matanya meradang. Untungnya, matanya menjadi lebih baik setelah menggunakan beberapa krim anti-inflamasi.

Para dokter sebelumnya telah mengingatkan bahwa selama wabah ini, penting untuk tidak menyentuh wajah karena virus bisa masuk ke tubuhmu melalui mulut, hidung dan mata. Menyentuh wajah sebelum disinfektan menguap bisa menyebabkan peradangan dan alergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.