Sukses

Sempat Viral, 5 Tantangan Kekinian Ini Malah Berisiko Kematian

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak positif sekaligus negatif bagi masyarakat. Selain dapat berkomunikasi dengan mudah di seluruh penjuru dunia, masyarakat juga dapat mengasah kreativitas melalui aplikasi yang tersedia di smartphone.

Saat ini, masyarakat sedang ramai mengikuti berbagai challenge yang tersedia di media sosial. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa ikut meramaikan membuat gerakan-gerakan lucu diiringi musik yang kemudian viral.

Namun, di balik antusiasme masyarakat dalam mengikuti challange di media sosial, ternyata juga menyimpan bahaya bagi pelakunya.

Baru-baru ini, tantangan bernama Skullbreaker challange telah memakan korban karena mengalami cedera dan harus dibawa ke rumah sakit. Selain Skullbreaker, ada beberapa challenge di dunia maya yang juga berbahaya untuk dilakukan.  

2 dari 7 halaman

1. Bird Box Challenge

Bird box challenge berasal dari hadirnya film bergenre thriller Bird Box yang populer di Netflix tahun 2019. Seperti dalam filmnya, bird box challenge sendiri mengajak masyarakat untuk menutup matanya dan melakukan tugas sehari-hari.

Sayangnya, masyarakat melakukan challange ini di sembarang tempat yang justru membahayakan dirinya sendiri. Dalam beberapa video yang tersebar di media sosial, tak sedikit dari mereka yang bisa mengalami kecelakaan karena menabrak benda-benda di sekitar mereka, seperti dinding, meja, bahkan kendaraan ketika sedang di tengah jalan.

3 dari 7 halaman

2. Kylie Jenner Challenge

Berawal dari tagar #KylieJennerLipChallenge di Twitter, tantangan ini pun viral. Dalam foto yang tersebar di media sosial, challange ini menantang untuk memonyongkan bibir agar sedikit tebal seperti Kylie Jenner.

Namun, cara yang mereka gunakan tak wajar. Beberapa dari mereka sampai memasukkan bibirnya ke dalam botol yang membuat pembuluh darah tersumbat sehingga saat botol dilepas ukuran bibir sedikit menebal.

Hal ini berbahaya bila terlalu sering dilakukan. Pasalnya, ketika bibir membiru karena darah yang menumpuk jadi satu, membuat mereka rentan mengalami infeksi dan kehilangan semua sensasi yang berasal dari bibir.

4 dari 7 halaman

3. The Cinnamon Challenge

Selama dua tahun kemunculannya, challenge ini viral di media sosial. Tantangan ini mengharuskan seseorang menghirup satu sendok bubuk kayu manis yang kemudian membuat batuk dan tersedak. Alasannya karena rasa bubuk kayu manis yang tajam dan tidak biasa di lidah. Umumnya, pelaku tantangan ini mengakhirinya dengan minum air.

Tantangan ini termasuk dalam deretan challenge yang berbahaya. Pasalnya, kayu manis itu sendiri sangat harus dan saat dihirup akan memicu refleks muntah, menyebabkan rasa panas dan peradangan pada saluran udara dan paru-paru.

Challenge ini bahkan telah memakan korban seorang anak berumur 4 tahun yang turut mengikuti tren challange ini hingga kehilangan nyawa.

5 dari 7 halaman

4. Condom Snorting Challenge

Tantangan ini viral setelah seorang YouTuber, Savannah Strong, mengunggah aksinya di akun YouTube-nya pada tahun 2013. Tantangan ini mengharuskan pelakunya untuk memasukkan kondom ke dalam lubang hidung, menariknya lewat tenggorokan, dan mengeluarkannya kembali melalui mulut.

Pakar kesehatan mengungkapkan kekhawatiran akan tren ini. Pasalnya, tantangan ini bisa membuat pelakunya tersedak dan menimbulkan risiko alergi dan infeksi.

6 dari 7 halaman

5. In My Feelings Challenge

Challenge ini sempat merebak di kalangan remaja. Dalam tantangannya, pelaku harus menari sembari keluar dari mobil dan membiarkan pintunya tetap terbuka. Bukan hanya itu saja, challenge yang diiringi lagu Drake berjudul In My Feelings ini juga mengharuskan pelaku untuk terus menari di samping mobil dengan kondisi mobil yang terus berjalan.

Challenge ini dianggap berbahaya karena berbahaya. Selain itu, tantangan ini juga telah melanggar Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Karena alasan itulah, terdapat beberapa negara yang melarang melakukan challenge ini, seperti Amerika Serikat, Mesir, dan Spanyol.  

Penulis: 

Ulya Kaltsum

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Kasihan, Pria Jatuh saat Beraksi Main Egrang 3 Meter
Loading