Sukses

Enggan Pakai Masker, Binaragawan Asal China Tewas Terinfeksi Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Masker menjadi salah satu upaya perlindungan diri dari Virus Corona yang tengah menyebar saat ini. Namun, berbeda dengan pria ini yang enggan menggunakan masker di saat dunia sedang khawatir dengan Corona.

Seorang binaragawan asal negeri China tewas akibat menolak menggunakan masker. Pria bernama Qiu Jun, hanya bertahan empat hari di rumah sakit sebelum meninggal karena memiliki gejala pneumonia fatal pada 6 Febuari.

Pria berusia 72 tahun ini baru saja mulai berolahraga lagi ketika pensiun pada tahun 2003 saat usianya 56. Qiu Jun dikenal sebagai juara binara dan telah mendapat banyak hadiah dari kategori senior.

2 dari 4 halaman

Sempat alami demam kronis

Diketahui, Qiu sering menghabiskan tiga jam untuk melakukan push-up atau pull-up sebelum istirahat makan siang dan melanjutkannya di sore hari. Menantu lelakinya, Hai, mengatakan Qiu mengunjungi dirinya dan istrinya sebelum Tahun Baru Imlek sat puncak wabah Virus Corona. Meskipun sudah dingatkan berkali-kali, Qiu tetap tak berhenti berolahraga dan terus pergi ke tempat gym sampai seluruh Kota Wuhan diisolasi pada 23 Januari.

Demam kronis pun menimpa Qiu, Hai dan istrinya mencoba untuk membawanya ke Rumah Sakit Union Wuhan. Namun, mereka akhirnya kembali lagi ke rumah karena kurangnya fasilitas tempat tidur dan harus mengantri lebih dari 300 orang.

Pada 28 Januari, Qiu akhirnya didiagnosi terkena infeksi Virus Corona. Qiu ditempatkan di ruang isolasi di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan dan dinyatakan meninggal empat hari kemudian. 

3 dari 4 halaman

Keras kepala dan enggan memakai masker

"Orang tua cenderung keras kepala. Ketika berita tentang Virus Corona menyebar pertama kali, kami bertiga sedang pergi makan dan membicarakan topik itu dengan cukup serius," ucap Hai dilansir dari Daily Star pada Selasa (11/2/20).

"Aku memintanya untuk lebih sedikit keluar dan memakai masker saat ia bepergian," lanjutnya.

"Dia diam beberapa saat, kemudian berkata 'Apa yang akan terjadi?' Lalu Qiu menambahkan, "Tidak ada orang lain yang mengenakan topeng, bagaimana kelihatannya jika saya mengenakan topeng?" ujar Hai. 

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Musisi Terkaya Ini Meninggal pada Usia Muda