Sukses

Dijamin Langgeng, Ini 7 Pondasi Hubungan yang Kuat dan Bahagia

Ingin hubungan langgeng dan bahagia? Coba terapkan 7 hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan yang kuat dan bahagia adalah dambaan setiap pasangan. Kebanyakan orang pasti memiliki pasangan favorit yang menurut kita sebagai Couple Goals, entah itu kedua orangtua, artis idola dan masih banyak lagi.

Namun yang perlu diingat, setiap hubungan yang kuat dan bahagia pasti melewati banyak proses, yaitu susah, senang, perdebatan, tawa, dan perasaan lainnya. Tidak ada hubungan yang berjalan dengan mulus. Dalam hubungan juga setiap pasangan akan belajar nilai-nilai penting yang akan dijadikan pedoman bagi hubungan mereka ke depan nanti.

Nyatanya ada beberapa hal yang perlu dimiliki setiap pasangan agar memiliki hubungan yang langgeng. Berdasarkan informasi yang telah dilansir dari Boldsky, ada 7 pondasi atau pilar untuk hubungan yang kuat dan bahagia yang perlu diketahui. Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Percaya dan Terima Pasangan Apa Adanya

Kepercayaan adalah salah satu pondasi yang sangat penting dalam suatu hubungan. Jika tidak saling percaya maka sia-sia semua kata cinta yang dilontarkan dari mulut Anda kepada pasangan. Belajarlah untuk tidak meragukan pasangan sendiri dan tidak mecurigai banyak hal yang malah membuat hubungan semakin rumit.

Terima setiap kekurangan pasangan juga menjadi kunci kuatnya suatu hubungan. Jika pasangan Anda melalukan kesalahan belajarlah untuk mendengarkan penjelasannya dan memaafkannya. Jangan pernah terburu-buru mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan dengan alasan yang konyol.

3 dari 8 halaman

2. Tunjukan Rasa Saling Menghormati

Saling menghormati adalah nilai yang harus dimiliki setiap pasangan. Dengan menghormati pasangan, berarti Anda juga menghormati pilihan Anda sendiri. Cara menghormati pasangan itu bisa dilakukan lewat hal-hal kecil. Seperti, mendengarkan pendapat pasangan Anda, mendengarkan ide, menerima masukan dan tidak memaksakan kehendak Anda atau egois. Saling menghormati juga mampu membuat hubungan semakin hari semakin dewasa. Ketika menghormati pasangan, Anda juga akan merasa pentingnya pasangan dalam hidup Anda.

4 dari 8 halaman

3. Komunikasi yang Efektif

Setiap hubungan pasti melalukan komunikasi satu sama lain bukan? Karena dari situlah aliran cinta dapat tumbuh. Menjaga komunikasi supaya efektif adalah tugas setiap insan dalam hubungan mereka. Setiap permasalahan yang ada akan lebih baik jika dibicarakan baik-baik. Nah itulah fungsinya komunikasi yang efektif.

Cobalah untuk saling terbuka dan hindari batasan-batasan. Setiap kabar baik maupun buruk usahakanlah dibicarakan dan jangan ada yang tersembunyi. Komunikasi yang efektif juga mencegah terjadinya kesalahpahaman dan percecokkan. Belajarlah menjadi pendengar yang baik untuk pasangan Anda karena dari situlah timbul kepercayaan.

5 dari 8 halaman

4. Merawat Diri tapi Jangan Egois

Merawat diri atau merawat pasangan anda itu juga merupakan dasar penting untuk hubungan yang kuat. Memperbaiki diri masing-masing menjadi lebih baik menunjukan bahwa Anda serius dalan sebuah hubungan. Jika Anda mecintai diri sendiri sudah pasti juga mencintai pasangan bukan?

Berikan juga sedikit ruang untuk pasangan anda menghabiskan waktu sendiri. Karena dari situ juga akan terbit hubungan yang sehat dan saling mendukung.

6 dari 8 halaman

5. Jadikan Pasangan Seperti Sahabat

Sangat baik jika setiap orang jatuh cinta pada sahabatnya sendiri sebelum menjalin hubungan. Karena hubungan dengan sahabat sudah melatih emosional kedua insan. Jika Anda dan pasangan adalah teman baik, maka ada kemungkinan keduanya memiliki minat, preferensi, dan tujuan yang sama. Ini akan membantu Anda membangun kepercayaan dan akan membuat hubungan Anda kuat dalam banyak hal.

7 dari 8 halaman

6. Meski Berbeda tapi Tetap Bersama

Setiap manusia pasti memiliki keunikan masing-masing. Maka dari itu perbedaan yang dimiliki jika dijadikan satu seharusnya bisa saling melengkapi. Usahakan setiap perbedaan diri Anda dengan pasangan menjadi penambah ikatan agar tetap bersama.

Kuncinya, saat ada konflik jangan pernah membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain karena semua orang punya porsinya sendiri. Tetaplah mengisi satu sama lain dan yang terpenting adalah Anda bekerja dalam hubungan untuk diri sendiri dan pasangan.

8 dari 8 halaman

7. Jujurlah dan Bicara dengan Bahasa Cinta

Percaya saja tidak cukup untuk hubungan yang kuat dan bahagia. Butuh kejujuran dan kelembutan untuk memperkuat ikatan. Kejujuran memang sulit dilakukan tapi itu suatu harga yang harus dibayar untuk menerima kepercayaan karena kepercaayan sangat mahal harganya.

Membohongi pasangan itu akan menimbulkan hubungan yang tidak sehat dan lama kelamaan Anda akan sering melakukannya. Berbicaralah dengan benar dan tidak ada yang disembunyikan dari pasangan Anda.

Penulis : 

Ayu Ester Simanjuntak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.