Sukses

8 Manfaat Menakjubkan Selai Kacang Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, selai kacang juga bisa membantumu agar tidak mudah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Kacang-kacangan ternyata sangat diperlukan untuk dikonsumsi setiap individu. Selain untuk sayur, kacang juga bisa dibuat bumbu sebagai bumbu yang bisa digunakan untuk sate, pecal sayur. Bukan hanya untuk bumbu, kacang juga cocok untuk teman makan roti untuk sarapan.

Buat kamu yang ingin diet, kacang juga bisa membantu turunkan berat badan. Kacang yang dijadikan selai itu ternyata mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selai kacang juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Rasanya bukan sekedar enak, kacang juga kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk tubuh. 

Memiliki badan yang ideal tentu menjadi impian banyak individu, bukan? Nah, sekarang tidak perlu lagi beli makanan diet yang mahal-mahal, karena sudah ada selai kacang yang baik dikonsumsi setiap hari dan bisa banget nih buat jadi makanan diet.

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, selai kacang juga bisa membantumu agar tidak mudah sakit. Nah, penasaran apa saja manfaat dari selai kacang? Berikut ulasannya seperti melansir dari Brightside, Jumat (10/1/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mampu Mengurangi Kemungkinan Terkena Kanker Payudara

Dalam selai kacang terdapat protein alami, itu dia yang yang mampu mengurangi risiko kanker payudara secara signifikan. Penelitian ini dilakukan oleh Yayasan Penelitian Kanker Payudara dan Institut Kesehatan Nasional di Amerika Serikat.

Setiap hari jika tubuh memproduksi selai kacang akan menambah efek positif khususnya bagi payudara. Akan lebih bagus lagi kalau selai kacang ditambahkan di dalam menu makanan, namun bagi yang memiliki alergi tidak dianjurkan ya. 

3 dari 9 halaman

2. Turunkan Berat Badan Secara Cepat

Tidak sedikit yang berfikir bahwa selai kacang memiliki lemak berlebih sehingga tidak baik dikonsumsi untuk program diet. Ternyata pemikiran itu salah, karena selai kacang merupakan sumber protein, serat dan juga nutrisi. Tidak banyak juga yang tahu selai tidak mengubah kadar gula justru menyediakan elemen sehat dalam tubuh.

Mulai dicoba konsumsi dua sendok makan dalam waktu dua kali seminggu mampu turunkan berat badan secara optimal. 

4 dari 9 halaman

3. Mengurangi Tingkat Stres

Selai kacang ini mengandung tanaman sterol yang biasa disebut beta-sitosterol yang berfungsi menurunkan kadar hormon stres kortisol. Banyak kandungan positif dalam selai kacang, seperti lemak sehat, antioksidan, magnesium, dan vitamin c yang membantu menebus unsur-unsur yang kurang dalam tubuh. 

Selai kacang juga dapat membuat mood lebih baik dan lebih tenang. Kita tidak perlu lagi takut nyemil karena selai kacang bisa dicampurdengan cemilan kita dan membuat diri lebih senang dari sebelumnya. 

5 dari 9 halaman

4. Meningkatkan Aktivitas Otak dan Memori

Selai kacang mampu meningkatkan kinerja pada otak saat belajar, bekerja atau melakukan aktivitas apapun, kita akan lebih aktif dan tidak mudah lelah karena menkonsumsi selai kancang. Dalam berfikir kita juga akan menjadi orang yang cepat tanggap. 

Vitamin E, seng, magnesium, dan niasin dalam kacang mendukung aktivitas otak. Vitamin E juga mampu meningkatkan daya ingat, terutama untuk orang tua. Bahkan diketahui bahwa itu membantu meredakan penyakit Alzheimer. Jadi, toples selai kacang bisa menjadi camilan yang enak untuk kakek dan nenek.

6 dari 9 halaman

5. Pulihkan Otot Sehabis Berolahraga

Bagi yang suka berolahraga berat, cocok banget nih konsumsi selai kacang. Selai kacang merupakan makanan sebelum dan sesudah olagraga yang ampuh. Lemak dan karbohidratnya mencukupkan energi yang kita butuhkan di setiap sesi. Kalium yang tinggi dalam selai kacang sangat baik untuk memulihkan otot dan tulang setelah melakukan aktivitas berat.

Selain memulihkan, selai kacang juga mampu mencegah sakit otot dan kram otot. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat olahraga berat karena bila mengkonsumsi selai kacang sebelum dan sesudahnya.

7 dari 9 halaman

6. Bisa Kontrol Tekanan Darah dalam Tubuh

Selai mampu mengontrol darah dalam tubuh kita tetap stabil, dalam selai kacang terkandung ptasium yang mampu secara luar biasa menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi sangat membahayakan khususnya bagi orang tua. Maka dari itu, selai kacang penting dikonsumsi. 

Magnesium yang terdapat dalam selai kacang juga memberikan efek yang sama mecegah naiknya tekanan darah. 

8 dari 9 halaman

7. Mencegah Kemungkinan Terkena Diabetes

Terbukti benar jika selai kacang mengandung banyak lemak namun bukan lemak jenuh. Lemak yang dikonsumsi selai kacang sehat bagi tubuh karena tidak menyebabkan diabetes. Lemak tersebut mampu meningkatkan stabilitas glukosa dan insulin, jadi jelas aman untuk tubuh. 

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hardvard berhasil menemukan hasil yang cukup baik. Wanita yang megkonsumsi selai kacang secara teratur memiliki risiko 21% lebih rendah terkena diabetes dibandingkan mereka yang tidak pernah memakannya. Lantas sudah tidak perlu khawati lagi jika mengkonsumsi selai kacang. 

9 dari 9 halaman

8. Cocok Banget Bagi yang Susah Tidur

Bagi kaum muda yang insomnia, cocok banget konsusi selai kacang. Selai kancang bisa buat tidur nyenyak dan lebih cepat pastinya. Asam amino dalam kacang yang disebut tryptophan, meningkatkan hormon tidur, melatonin dan hormon kebahagiaan, serotonin. 

Nah, ini membuat proses pada tubuh kita dan meningkatkan kualitas tidur malam. Tidak perlu konsumsi banyak, cukup beberapa sendok sebelum tidur ampuh agar kamu cepat terlelap.

Penulis :

Ayu ester Simanjuntak 

Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini