Sukses

5 Hal Sederhana yang Membuat Introvert Merasa Berharga

Mendekati seorang introvert tak sesulit kelihatannya kok.

Liputan6.com, Jakarta - Secara umum, terdapat dua tipe manusia berbeda, yakni seorang introvert dan ekstrovert. Berbeda dengan seorang ekstrovert yang senang berada di antara banyak orang, seorang introvert lebih suka menyendiri dalam beberapa kegiatan kreatif, seperti menulis atau menggambar.

Meski begitu, bukan berarti seorang introvert antisosial, tetapi ia lebih cocok bergaul pada lingkup sosial yang lebih kecil.

Seorang introvert mendapatkan energi dengan menyendiri, sehingga orang yang memiliki kepribadian ini terkesan pemalu, lebih senang bekerja sendiri, dan terlihat lebih kalem. Namun, sebagian orang menganggap memahami dan mendekati seseorang dengan pribadi introvert adalah hal yang sulit.

Padahal seorang introvert juga suka diberi perhatian, sama seperti manusia lainnya. Cukup mulai dengan melakukan hal-hal kecil yang justru membuat seorang introvert terkesan dan merasa berharga.

Nah, penasaran bagaimana cara agar membuat para introvert merasa bahagia? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dengarkan Saat Berbicara

Kaum introvert terkenal jarang berbicara. Jika sudah membuka atau memulai sebuah pembicaraan, maka ia mulai membuka dunianya untuk kamu.

Terkadang, mereka akan terlihat kaku dan sedikit takut saat berinteraksi langsung denganmu. Umumnya, seorang introvert akan membutuhkan banyak energi saat berinteraksi dengan orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Mengingat Kesukaannya

Seorang introvert akan merasa berharga saat seseorang mengingat sesuatu yang ia suka. Mulai dari buku favoritnya, film, atau makanan kesukaannya. Kamu bisa membahas bersama-sama dan tak memungkiri kamu akan bisa mendapatkan hatinya.

4 dari 6 halaman

3. Tidak Memaksanya Keluar dari Zona Nyaman

Dirinya bukanlah sosok yang banyak bicara atau mudah dekat dengan seseorang. Dia akan senang dan merasa berharga saat kamu memahami pribadinya dan tak memaksanya untuk menjadi sosok yang lain. Jangan sampai kamu membandingkannya dengan orang lain.

5 dari 6 halaman

4. Selalu Ada Untuknya

Seorang introvert memang lebih suka menyendiri. Memang terkadang mereka membutuhkan waktu, tetapi mereka juga membutuhkan dukungan dari orang lain. Dengan selalu ada saat sedang membutuhkan, ia akan merasa berharga bagimu. Sebab, ia merasa kamu memprioritaskannya.

6 dari 6 halaman

5. Ajak Berbicara

Meskipun ia pendiam, mengajak berbicara tak ada salahnya. Seorang introvert terkadang sulit utuk membuka pembicaraan lebih dulu. Bahkan untuk juga kesulitan saat menyampaikan pendapatnya di muka umum. Beberapa orang introvert justru senang bahkan merasa berharga saat ada seseorang yang mengajak ia bicara.

Nah, itu dia hal-hal kecil yang bisa membuat seseorang berkepribadian introvert merasa berharga. Kamu sudah mencobanya?

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.