Sukses

Bosan Ditanya "Kapan Lulus?", Pria Ini Curhat di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai mahasiswa, salah satu persoalan yang sering dihadapi adalah tak kunjung lulus dari ketentuan masa studi. Karena hal itulah muncul sebutan mahasiswa abadi. Lulus tak tepat waktu memang membuatmu rugi dalam segala hal. Mulai dari rugi finansial, tenaga dan pastinya rugi waktu.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang terlambat lulus kuliah. Misalnya, mengubah jalur akademik setelah berjalan dua semester atau mereka memilih utnuk mengambil cuti untuk mengejar pengalaman kerja lebih dulu untuk alasan keuangan.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Namun, salah satu kebiasaan buruk sebagian orang adalah bertanya frontal tentang masalah pribadi orang lain. Mulai dari mau kuliah di mana, mau mengambil jurusan apa, sampai pada kok belum lulus – lulus kuliahnya?

Pertanyaan ‘kapan lulus’ saat menjelang batas akhir waktu terasa menyakitkan bagi sebagian orang. Pertanyaan tersebut menjadi terdengar sensitif bagi mereka yang tak segera menyelesaikan tugas pokoknya tersebut. Tak jarang mereka bosan mendengar pertanyaan yang terus berulang-ulang.

Pertanyaan tersebut memang terlihat sederhana, tetapi bisa menimbulkan beban bahkan memberikan efek emosional bagi orang yang bersangkutan. 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Beberapa waktu lalu beredar cuitan seorang pria ketika ditanya ‘kapan kamu lulus’. Melalui akun Twitternya @Azijik, ia membagikan curhatannya. 

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Nah, daripada bertanya 'kapan lulus' sehingga membuat ia kesal dan bete, kamu bisa mendukungnya baik secara mental maupun fisik. Kamu bisa saling mendukung, saling melengkapi dan saling menguatkan. 

 

Penulis : 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :