Sukses

Bagi Pengalaman Gelar Pernikahan Rp 80 Juta, Curhatan Wanita Ini Viral

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan menjadi salah satu momen yang banyak dinanti para pasangan kekasih. Namun sayang, melangsungkan pernikahan bukan hanya soal mental yang siap dan matang, tapi juga identik dengan biaya yang tidak sedikit.

Namun, pasangan Clarissa Pratiwi dan Fathi Helmi membuktikan bahwa menggelar pernikahan tidak melulu mengeluarkan kocek besar.

Dalam twit yang diunggah lewat akun Twitter @Clarissa, ia menjelaskan bahwa ia bersama dengan suaminya mengeluarkan dana sebesar Rp 80 juta untuk melangsungkan pernikahannya.

"80jutaan udah sama mas kawin, dan seserahan. 600pax, venue di Bogor deket rumah gue dan deket rumah suami Selesai nikah masih punya tabungan 2 digit, dan masih bisa honeymoon ke Korea. hidup @Jouska_id!!!" tulis akun @Clarissca.

Biaya Rp 80 juta tersebut berasal dari tabungan milik Fathi dan juga Clarissa. “Itu aku nabung berdua sama suami hehe,” kata Clarissa saat dihubungi tim Citizen6-Liputan6.com, Minggu (17/11/2019).

 

2 dari 6 halaman

Biaya Rp 80 Juta untuk Keseluruhan Pernikahan

Wanita yang akrab disapa Cica itu juga menjelaskan bahwa dana Rp 80 juta sudah termasuk biaya Wedding Organizer (WO), venue, seserahan, mas kawin serta undangan fisik.

“Jadi Rp 70,5 juta itu aku pakai WO, itu include semuanya dari baju, makeup, catering, mc, photographer, band. Kalau venue aku dapet ngga jauh dari rumah yang Rp 4 jutaan itu tahun lalu, seserahan Rp 2,2 juta, mas kawinnya Rp 2,5 juta, sama undangan fisik 1,750 deh hehe,” lanjut Cica.

Dalam persiapan pernikahannya, Cica dan suami sengaja tidak menggunakan foto prewedding dikarenakan waktu yang sangat terbatas dan mendekati tanggal pernikahan.

“Soalnya aku sama suami persiapannya mepet banget mba Cuma sebulanan, terus lagian kaya gak terlalu juga prewed tuh jadi sekalian aja ngga usah, bisa jadi mangka budget,” tambahnya.

Keduanya melangsungkan pernikahan pada 11 November 2018. “Novembernya kita nikah hahaha. 11-11-18, baru anniversary seminggu yang lalu,” jelas Clarissa.

3 dari 6 halaman

Viral

Twit yang diunggah pada 3 November 2019 itu pun mendadak viral dan menjadi perbincangan pengguna jejaring sosial. Warganet pun menanggapinya dengan beragam respons.

“Dibaca aja dlu nikahnya gatau kapan. hehe bagus mba threadnya cukup bermanfaat buat siapapun yg mau menuju hubungan yg serius biar jd termotivasi lg untuk menabung lebih giat,” komentar seorang warganet.

Unggahan tersebut bahkan disukai sebanyak lebih dari 4 ribu dan sudah dibagikan sebanyak lebih dari seribu.

4 dari 6 halaman

Alasan Memilih Menikah dengan Fathi

Clarissa membeberkan alasannya untuk menikah dengan seorang pria bernama, Fathi Helmi. Ia mengatakan bahwa dirinya dan suaminya telah memiliki banyak kesamaan, itul yang membut Clarissa setuju untuk menjadi istri dari Fathi.

“Mungkin karena banyak kesamaan kali ya, sebenernya tuh kita cenderung milih pasangan yang kepribadiannya mirip sama kita ngga sih? Kita sama sama anak pertama gitu dari 4 bersaudara, sama sama mandiri, sama sama kerja keras kuliah sambil kerja, pokonya banyak kesamaan,” ujar Clarissa.

Bukan hanya itu, kesamaan pada pola pikir serta mengatur keuangan adalah poin bagi Fathi untuk memenangkan hati seorang Clarissa.

“Dan pola pikir tentang keuangan dan hidup berkeluarga kita juga ga jauh beda, mungkin karena kita dari background keluarga yang sama ya,” ungkapnya lagi.

 

5 dari 6 halaman

Bulan Madu ke Korea

Berkat uang tabungannya dengan suami serta pemasukan dari hasil pernikahannya, mereka memiliki kesempatan untuk menjajakan kaki di Negeri Ginseng, Korea Selatan.

“Kalau yang ke korea itu iya uang tabungan juga, jadi pas nabung buat nikah kita misahin juga tabungan buat setelah nikah, buat beli keperluan setelah nikah pokonya deh. Nah pas nikah kan dapet amplop tuh dimasukin ke tabungan itu, terus bisa ke korea pake uang amplop plus pake uang tabungan sedikit, sisa di tabungannya tetep harus ada ngga boleh diabisin semua hehe,” jelas Clarissa.

Keduanya pergi ke Korsel pada Maret 2019, bukan tanpa alasan Clarissa memilih Negeri Ginseng tersebut, tapi dikarenakan ia sangat menggemari drama-drama Korea.

“Ke Koreanya bulan Maret, soalnya aku baru dapet cuti pas itu. 5 malam disana hehe soalnya aku addict sama drama Korea terus pengen banget kesana dari lama hahaha. Fathi tau dari pas sebelum nikah aku pengen banget kesana, akhirnya pas nikah kita mutusin buat honeymoonnya backpackeran kesana,” tutupnya.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Ulah Nekat Bocah Ngumpet ke Atap Rumah Saat Dicari Ibunya, Bikin Ketawa Geli
Artikel Selanjutnya
Makin Diminati, Rumah Taaruf Sudah Menjodohkan 70 Pasangan