Sukses

Terlalu Lama Bermain Gawai, Remaja Ini Alami Buta Warna

Bahaya penggunaan gawai secara berlebihan pada anak, gadis ini mengalami hal mengerikan.

Liputan6.com, Jakarta - Zaman yang serba teknologi ini mengharuskan kita untuk menggunakan gadget di setiap aktivitas. Sayangnya penggunaan gadget yang terlalu lama pun akan berdampak buruk bagi kesehatan pengguna.

Seperti gadis 16 tahun asal China yang baru-baru ini mengalami gangguan pada penglihatannya. Gadis bernama Liu ini mengalami kebutaan warna akibat pemakaian gadget yang berlebihan.

Dokter yang menangani Liu menjelaskan bahwa Liu mengalami buta warna akibat paparan cahaya berwarna biru yang terus mengenai matanya. Kejadian mengerikan ini ia alami pada saat liburan musim panas. Mulai dari liburan musim panas itu Liu menjadi pecandu gadget.

Dalam sehari Liu dapat menghabiskan waktunya selama 10 jam untuk memainkan gadget tersebut. Ia juga sering menggunakan ponselnya tersebut pada saat keadaan gelap. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab Liu mengalami kerusakan pada matanya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bukan Pertama Kalinya

Kasus yang dialami oleh gadis asal China ini ternyata bukan pertama kalinya. Bahkan, untuk kasus di Indonesia sendiri lebih parah dengan dialami oleh gadis asal Tiongkok tersebut.

Di daerah Bondowoso, Jawa Timur, dua orang siswa mengalami kecanduan gadget. Keduanya sampai diharuskan untuk melakukan perawatan di RSUD Koesnadi Bondowoso pada poli jiwa.

Mereka terpaksa menjalani perawatan dikarenakan kedua anak tersebut akan melakukan hal ekstrem bila dilarang menggunakan gadget. Bahkan, salah satu dari mereka akan membenturkan kepalanya, jika dilarang menggunakan gadget.

3 dari 4 halaman

2. Tidak Dapat Membedakan Warna Lampu Lalu Lintas

Gadis berusia 16 tahun ini ternyata hampir mengalami kecelakaan lalu lintas karena ia tidak dapat membedakan warna lampu lalu lintas saat ingin menyeberang jalan. Selain tidak dapat membedakan warna lampu lalu lintas, Liu juga kehilangan kemampuannya dalam melihat pada saat kondisi gelap.

Karena kejadian ini Dr. Hung yang menangani Liu pun menyarankan agar Liu mengurangi penggunaan gadget di bawah 5 jam dalam sehari. Ia juga menyarankan agar gadis tersebut dapat beristirahat, selama 10 menit setiap 30 menit setelah menggunakan gadget.

4 dari 4 halaman

3. Bahaya Penggunaan Gadget Secara Berlebihan

Dampak negatif dari penggunaan gadget secara berlebihan adalah dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terhambat. Beberapa anak juga mengalami kecanduan akibat penggunaan gadget secara berlebihan, hal ini juga dapat memicu masalah dalam bersosialisasi.

Selain memberikan candu dan menghambat perkembangan, pemakaian gadget secara berlebihan juga mengakibatkan leher atau otot-otot menjadi tegang. Hal ini diakibatkan karena saat menggunakan gadget, posisi yang digunakan jarang untuk berpindah.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.