Sukses

Abaikan Sakit Gigi Lebih dari Setahun, Remaja Ini Malah Kena Tumor Rahang

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang remaja di Hangzhou, Tiongkok harus mengalami kondisi mengerikan karena mengabaikan sakit gigi selama lebih dari setahun.

Sakit gigi yang dialami remaja berumur 15 tahun ini awalnya tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari, tapi setelah satu tahun ia merasakan sakit yang luar biasa. Untuk itu, ia memutuskan pergi ke dokter gigi untuk melakukan pengecekan pada giginya.

Melansir World of Buzz, Jumat (13/9/2019), dokter yang memeriksanya langsung melakukan pemindaian tomografi dan menemukan bahwa sakit gigi yang dialami pasiennya sebenarnya adalah ameloblastoma atau tumor rahang dan tampak lebih sering di rahang bawah daripada rahang atas.

Ameloblastoma juga sejenis tumor yang menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis).

2 dari 3 halaman

Jalani Operasi

Setelah melihat hasil dari pemindaian, dokter melihat bahwa rahang remaja itu telah "dimakan" tumor dan kerusakan tulang sangat parah sehingga meninggalkan lubang besar.

Dokter menjelaskan bahwa meski ameloblastoma tumbuh lambat, mereka sangat invasif dan jika tidak menghilangkan tumor sepenuhnya, itu akan kembali lagi.

Operasi yang dilakukan remaja itu pun berjalan dengan baik, dan ia perlu mendapatkan beberapa implan di kemudian hari sehingga bisa makan dan hidup normal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Jinten Hitam untuk Pria, Tingkatkan Kualitas Sperma hingga Melawan Kanker
Artikel Selanjutnya
Lakukan Kolonoskopi, Will Smith Temukan Gejala Pra-Kanker