Sukses

Viral Tempat Pangkas Rambut Bisa Bantu Melupakan Mantan, Ini Kisah Sebenarnya

Liputan6.com, Jakarta - Usaha atau nama unik usaha bisa menarik perhatian. Seperti beberapa waktu lalu ketika media sosial diramaikan soal usaha 'Jasa Melupakan Mantan' (JMM). Itu bermula dari unggahan Facebook Khoirul Anam.

Dalam unggahannya Kamis (15/8/2019), tampak empat lelaki menggunakan pakaian merah berdiri di depan spanduk bertuliskan "Jasa Melupakan Mantan". Unggahannya itu pun disertai informasi waktu kerja Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

"Alhamdulillah hari ini bisa grand opening JMM & Alhamdulillah sudah mendapatkan sertifikat usaha..saya dibantu 3 karyawan saya yang sudah profesional dalam dunia terapi cukup bawa foto mantan..." tulisnya.

Unggahan itu pun viral dan telah dibagikan oleh berbagai akun media sosial seperti akun Instagram @indozone.id dan @makassar_iinfo. Warganet pun melontarkan berbagai respons, bahkan ada yang menunjukkan ketertarikannya. 

Namun, meski banyak yang tertarik, usaha itu bukan benar-benar usaha jasa melupakan mantan. Unggahan itu merupakan konten hiburan dari Khoirul Anam yang telah dua tahun membuat foto-foto nyeleneh.

2 dari 5 halaman

Usaha sebenarnya

Meski spanduk dan unggahan itu merupakan konten hiburan, foto itu diambil di depan tempat usaha sungguhan. Bukan jasa melupakan mantan, tempat itu merupakan usaha barbershop (tempat pangkas rambut pria). 

Usaha yang sebenarnya itu pun terlihat dari tulisan yang tertera di kaca tempat usahanya.

Nama asli tempat usaha itu adalah All Ell Barbershop. Tempat itu pun telah buka sejak lama. "Cuma kemarin saya iseng bikin spanduk itu," kata Khoirul Anam ketika dihubungi Liputan6.com, Senin (19/8/2019).

3 dari 5 halaman

Banyak yang berminat

Meski iseng dan untuk hiburan, ternyata unggahan itu membuat mereka didatangi orang yang tertarik menggunakan jasa melupakan mantan.

"Kalau benaran ada mungkin laris. Sehari chat masuk 400. Semua gak bisa move on," kata Khoirul Anam.

Kontak WhatsApp memang tercantum di spanduk unggahnnya, tak heran jika ada yang menghubunginya. Namun, bukan hanya tertarik bertanya melalui pesan, ada pula yang datang langsung dengan membawa foto mantan.

"Ada beberapa. Dikira beneran, tapi tak lepas spanduknya, takut ada benaran," tutur Khoirul Anam.

Menanggapi pelanggan yang datang untuk menggunakan jasa melupakan mantan, Khoirul Anam menyatakan menolak permintaan itu. Seperti yang diungkapkannya, dirinya pun melepas spanduknya agar tak ada yang menyangkanya jasa sungguhan.

4 dari 5 halaman

Berdampak pada usaha

Iseng untuk hiburan, Khoirul Anam mengaku unggahan itu tak ada diniatkan untuk strategi usaha. Meski begitu, unggahan "Jasa Melupakan Mantan" yang ramai diperbincangkan itu juga berdampak pada usaha barber shop-nya.

Nama unik dan konten yang diunggahnya menarik perhatian. Khoirul Anam pun mengakui setelah unggahannya ramai diperbincangkan, pengguna jasa pangkas rambutnya itu lebih banyak dari sebelumnya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tragedi Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Bisnis Pangkas Rambut JK yang Bangkrut Akibat Demam The Beatles