Sukses

5 Cara Mudah dan Cepat Bersihkan Noda Lumpur Membandel di Baju

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kegiatan luar ruangan terkadang membuat pakaian kita kotor. Apalagi saat tengah melakukan kegiatan outbond, kamu tentu akan terkena cipratan lumpur, atau lumpur. 

Noda itu tentu perlu dibersihkan. Namun, terkadang lumpur yang mengotori pakaian kita tidak mudah dibersihkan. Jika mencucinya bersama pakaian lain pun malah bisa mengotori pakaian lainnya.

Anda mungkin punya pilihan untuk membersihkannya di laundry. Namun, Anda juga bisa membersihkannya sendiri.

Merangkum dari Howtocleanstuff.net dan today.com, Rabu (21/8/2019), berikut cara membersihkan pakaian yang terkena noda lumpur.

2 dari 6 halaman

Jangan langsung digosok dan dicuci

1. Tunggu lumpur kering

Jika noda lumpur di pakaian Anda masih basah, jangan langsung mencucinya. Jika Anda langsung mencucinya, noda lumpur itu malah bisa meluas bahkan mengotori baju lainnya.

Tunggu noda lumpur kering terlebih dahulu. Setelahnya, coba angkat noda lumpur kering sebisanya.

3 dari 6 halaman

Gunakan detergen cair dan alat bantu

2. Cuci dengan detergen cair

Setelah itu, tuangkan detergen cair ke atas noda lumpur di pakaian. Diamkan beberapa menit. Lalu kucek bagian noda lumpur itu dan cuci.

Selain detergen cair, beberapa bahan lain pun bisa Anda gunakan. Misalnya dengan campuran cuka dan air.

3. Gunakan alat bantu seperti sikat

Jika noda masih tetap membandel meski sudah dicuci menggunakan detergen cair, coba gunakan alat bantu. Anda bisa menggunakan sikat atau sikat gigi sebagai alat bantunya. Sikat kedua sisi kain menggunakan sikat basah.

4 dari 6 halaman

Cuci seperti biasa

4. Cuci seperti biasanya

Setelah noda lumpur terangkat atau berkurang, Anda bisa mencucinya seperti biasa. Anda juga sudah bisa menggunakan mesin cuci.

Namun, cuci secara terpisah untuk menghindari noda lumpur mengotori pakaian lain.

5. Ulangi jika noda belum hilang

Jika setelah dicuci noda masih tampak, ulangi lagi sebelum mengeringkannya. Setelah noda bersih, baru jemur dan keringkan.

5 dari 6 halaman

Perhatikan bahan pakaian

Untuk mencuci pakaian yang terkena noda lumpur, Anda juga perlu memerhatikan bahannya. Jika bahan umum seperti katun, Anda bisa mencucinya dengan cara di atas.

Bahan-bahan seperti wol atau sutra yang lembut, perlu perlakuan berbeda agar pakaian tidak rusak. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa mencucinya ke tempat cuci profesional yang bisa membersihkannya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Diabaikan, 5 Barang Ini Wajib Dibersihkan Agar Bebas Bakteri