Sukses

Cara Membuat Origami Burung Bangau dengan Praktis dan Menarik

Cara membuat origami burung bangau ini mudah dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Origami merupakan keterampilan membuat bermacam-macam bentuk benda dengan menggunakan kertas origami atau kertas lipat. Keterampilan ini berasal dari Jepang.

Kertasnya yang mudah dibentuk, memudahkan pengguna untuk membuat sesuatu yang unik, menarik tapi simpel. Cara membuat origami ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan dia memiliki keterampilan dan keuletan.

Kata origami sendiri terdiri dari kata ‘ori’ yang artinya ‘lipat’ dan ‘kami’ yang artinya ‘kertas’. Sekitar tahun 741 Masehi, tradisi melipat kertas mulai mulai berkembang di Jepang. Ini berawal dari seringnya masyarakat Jepang membuat penutup botol sake (arak Jepang) dari kertas yang dilipat.

Dengan berkembangnya zaman, seni melipat kertas asal Jepang atau origami menjadi sangat populer dan banyak diminati masyarakat dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Bukan hanya melatih keterampilan tangan, membuat origami juga mengasah kreativitas yang kamu miliki.

Salah satu bentuk origami yang sering dibuat adalah origami burung. Ada bermacam-macam jenis origami burung yang bisa kamu buat dengan kertas origami. Salah satu bentuk origami yang paling sering dibuat adalah origami burung bangau. Berikut liputan6.com rangkum cara membaut origami burung bangau Rabu, (27/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap pertama

Siapkan selembar kertas origami. Biasanya kertas origami ada yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Jika kamu memiliki kertas origami persegi panjang, ubahlah kertas itu menjadi bentuk persegi sama sisi dengan melipat sudut atas ke bawah secara diagonal.

Kamu bebas untuk memilih kertas origami dengan warna apa pun. Namun, sebaiknya pilihlah kertas bermotif berwarna-warni, karena dengan kertas warna-warni kepakan sayap burung akan semakin indah.

Jika kertas memiliki warna yang berbeda pada kedua sisinya, tentukan sisi mana yang menghadap ke atas dan sisi mana yang menghadap ke bawah.

Jika kertas kamu memiliki warna yang sama di kedua sisinya, buatlah tanda atau gambar kecil untuk mengenali kedua sisi tersebut. Sisi yang menghadap meja adalah sisi yang akan kamu lihat ketika burung selesai dibuat.

3 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap kedua

Setelah persiapan kertas selesai, cara membuat origami burung bangau selanjutnya adalah buatlah lipatan diagonal. Mulailah dengan meletakkan kertas persegi tersebut di depan kamu, dengan sudut bawah kertas menunjuk ke dada kamu.

Pertemukan sudut atas kertas ke sudut bawah, kemudian gunakan jari untuk menegaskan lipatan. Sekarang kertas telah berbentuk segitiga yang sudutnya menghadap ke kamu. Kemudian buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

4 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap ketiga

Cara membuat origami burung bangau dengan membaut lipatan diagonal yang lain. Putar posisi kertas dan buatlah lipatan lagi, kali ini pertemukan sudut yang lain dengan sudut di seberangnya. Pertegas lipatan kedua dengan jari. Kedua lipatan tersebut akan membentuk huruf X pada kertas.

5 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap keempat

Lipatlah kertas menjadi dua secara horizontal. Letakkan kertas di depan kamu dengan posisi tepi bawah kertas sejajar dengan dada. Lipatlah kertas menjadi dua, pertemukan tepi atas kertas dengan tepi bawahnya. Pertegas lipatan dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

Lipatlah kertas menjadi dua sekali lagi. Putarlah kertas ke samping dan lipatlah menjadi dua sekali lagi, kemudian pertegas lipatan tersebut dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut. Sekarang kamu telah memiliki empat bekas lipatan yang berpotongan di tengah kertas persegi.

6 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap kelima

Jepitlah sisi-sisinya untuk membentuk persegi yang lebih kecil. Jepitlah kedua sisi kertas sepanjang lipatan horizontal, pertemukan sudut kiri dan kanan menuju sudut bawah. Kedua sisinya akan bertemu di tengah, dan sudut atasnya akan terlipat menumpuk di atasnya untuk membentuk persegi yang lebih kecil.

Lipatlah sisi kanan. Dengan sudut bawah kertas mengarah ke dada kamu, lipatlah lapisan depan kertas dari sudut kanan ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah.

Lipatlah sisi kirinya. Lakukan hal yang sama dengan melipat lapisan depan kertas dari sudut kiri ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah. Gunakan jari untuk mempertegas lipatan.

7 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap keenam

Balikkan kertas untuk membuat lipatan yang sama. Sekarang kertas terlihat seperti layang-layang di kedua sisinya. Bukalah layang-layang tersebut. Arahkan posisi kertas sehingga sudut bawahnya (bagian yang lipatannya dapat dibuka untuk memperlihatkan bagian dalamnya) mengarah ke dada.

Balikkan kertas. Ulangi lipatan tadi pada sisi yang lain. Bukalah layang-layang yang ada di sisi belakang kertas.

Lipatlah kedua bagian yang berada di bawah ke atas secara diagonal. Bukalah lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk wajik. Balikkan kertas dan bukalah lipatan. Lipatlah ujung salah satu bagian diagonal kertas ke bawah.

Lipatan terbalik ini akan membentuk kepala. Lipatlah salah satu sayap ke bawah. Balikkan sisi burung tersebut. Tariklah ekor untuk mengepakkan sayap. Dan selesai deh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini